Home Wilayah Agar Lebih Baik Lagi, LP Ma’arif NU PWNU DIY Perlu Berkoordinasi dengan...

Agar Lebih Baik Lagi, LP Ma’arif NU PWNU DIY Perlu Berkoordinasi dengan Berbagai Pihak

610
0
Dari kiri; Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum., H. Fahmy Akbar Idries, M.M., Dr. Arif Rochman, M.Si., dan Rahmat Raharja, M.Pd.I. Foto: Yahya.

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–Dalam lima tahun ke depan, kita bisa jauh melompat dari apa yang kita capai hari ini. Untuk itu, LP Ma’arif NU PWNU DIY tidak bisa sendirian, perlu berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai struktural NU, banom, lembaga, serta pihak lain, baik negeri maupun swasta.

Demikian disampaikan oleh KH. Fahmy Akbar Idries, M.M. dalam sambutannya pada Raker LP Maarif NU PWNU DIY yang mengangkat tema “Menuju Tertib dan Mandiri”, Senin (4/10).

Kyai Fahmi menyampaikan, bahwa diselenggarakannya raker dalam rangka melihat perjalanan Ma’arif tahun sebelumnya, apakah program-program sudah dilaksanakan atau belum, dilaksanakan secara bagus atau belum. Jika sudah dilaksanakan secara bagus, berarti harus diteruskan dan ditingkatkan. Sebaliknya, jika belum bagus, perlu diperbaiki. Raker juga dalam rangka membat rencana kegiatan untuk tahun berikutnya.

Raker Ma’arif ini sangat penting karena diselenggarakan menjelang Rakerwil PWNU DIY. Hasil raker Ma’arif akan menjadi rekomendasi dalam Rakerwil PWNU DIY yang akan datang. PWNU berharap hasil positif dan menatang dari Ma’arif, akan dibawa ke mana 163 lembaga pendidikan Ma’arif ke depan.

Lebih lanjut Pembina LP Ma’arif NU PWNU DIY itu menyampaikan bahwa tantangan Ma’arif ke depan sangat berat. Jika negara mengatakan pendidikan itu berat, bagi NU itu sangat berat karena apa yang ingin dicapai oleh Ma’arif selalu satu level di atas target pemerintah. Ma’arif tidak sekadar mengurusi persoalan dunia, tetapi juga akhirat. Itu berarti beban Ma’arif berat sekali.

Untuk itu, Ma’arif perlu mengenal betul kekuatan, kelemahan, kesempatan, hingga tantangan yang dihadapi. Jika empat sudut padang ini bisa didefinisikan dengan baik, maka dalam lima tahun ke depan Ma’arif dapat mencapai target program-programnya dengan baik.

Kyai Fahmi mencontohkan terkait program tertib sakabehane, misalnya ada sepuluh parameter yang harus dipenuhi, dilihat ada berapa yang sudah dilaksanakan. Jika sekarang sudah tertib dalam dua hal, berarti ada delapan hal lain yang harus dieselesaikan dalam lima tahu ke depan; langkahnya jelas, arahnya jelas.

Raker yang bertempat di Lynn Hotel Yogyakarta ini dibuka Wakil Ketua PWNU DIY, KH Dr. Arif Rochman. Dalam sambutannya, Wakil Ketua PWNU DIY ini berharap Ma’arif dan sekolah menjadi lembaga kaderisasi yang betul-betul efektif sehingga beberapa tahun kemudian akan muncul kader-kader NU yang militan, tidak hanya secara intelektual dan emosional, tetapi juga secara moral dan spiritual.

Raker yang berlangsung pukul 11 siang sampai dengan 7 malam tersebut dihadairi oleh perwakilan PWNU DIY, pengurus Ma’arif DIY, serta perwakilan pengurus Ma’arif Cabang Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. (*)

Previous articleHarlah, SMK Diponegoro Depok Utamakan Akhlak
Next articleLowongn Staf Audit Keuangan LP Ma’arif NU PWNU DIY
Pekerja sosial, lulusan Pendidikan Sastra Universitas Negeri Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here