
Pembelajaran di kelas memiliki berbagai fungsi. Salah satunya adalah fungsi pengembangan kompetensi sosial. Guru dapat menggunakan berbagai model. Salah satu model yang paling terkenal adalah cooperative learning. Berikut ini disajikan teori ccoperative learning. Teori ini diramu oleh tim ma’arif diy. Para guru dipersilakan mengutipnya dengan menyebutkan tim ma’arif sebagai sumbernya. Jangan lupa cantumkan juga di dalam Daftar Pustaka.
Jollife (2007: 3) menyatakan bahwa Cooperative learning merupakan suatu pembelajaran yang menekankan upaya kerjasama siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling mendukung satu sama lain dalam rangka meningkatkan pembelajaran mereka sendiri dan yang lainnya. Terwel (Gillies & Ashman, 2003: 54) menyatakan bahwa cooperative learning dirancang dan diimplementasikan untuk mengembangkan strategi-strategi social serta sikap-sikap social yang bisa diterima oleh siswa. Cooperative learning juga berfungsi untuk meningkatkan hubungan-hubungan sosial antarkelompok dan antaranggota dalam kelompok. Oleh karena itu, cooperative learning merupakan pembelajaran yang mengarah pada pengembangan social maupun kognitif manusia. Selanjutnya…. download COOPERATIVE LEARNING