Home Daerah Turnamen Stembaka Cup Kembali Digelar

Turnamen Stembaka Cup Kembali Digelar

59
0

Maarifnudiy.or.id–SMK Pembangunan Karangmojo kembali menggelar Stembaka Cup. Tahun 2019 ini, diselenggarakan tiga jenis turnamen, yaitu voli putra, voli putri, dan futsal.

Kepala SMK Pembangunan Karangmojo, Ahmad Darmadi, mengungkapkan bahwa pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang diarahkan pada peningkatan jasmani, mental, dan rohani, membentuk watak dan kepribadian, disiplin, serta sportivitas tinggi guna meningkatkan prestasi yang membanggakan.

Lebih lanjut lulusan Magister Tenik Sistem Konsentrasi Mikrohidro itu menyampaikan bahwa beberapa cabang olah raga khususnya bola voli dan futsal merupakan cabang olahraga populer yang sangat digemari oleh generasi muda. Namun, belum banyak kegiatan yang dapat mewadahi kegemaran tersebut, baik kompetisi ditingkat lokal, maupun nasional.

Atas dasar itulah, SMK Pembangunan Karangmojo menyelenggarakan kegiatan rutin bertajuk Stembaka Cup. Tahun ini, kegiatan diselenggarakan tanggal 2-3 Maret 2019 di Kompleks SMK Pembangunan Karangmojo.

Program ini, menurut Darmadi, dijadikan sebagai salah satu unggulan di SMK Pembangunan Karangmojo di luar program vokasi (otomotif dan pariwisata). Sebagaimana diketahui, SMK Pembangunan Karangmojo saat ini menyelenggarakan empat jurusan, yaitu teknik kendaraan mobil dan sepeda motor serta perhotelan dan tata boga.

Darmadi menyampaikan apresiasinya kepada sekolah-sekolah yang sudah serta dalam turnamen tahun ini. Menurutnya, tahun 2019 ini peserta terdiri atas 35 sekolah setingkat SMP.

“Tahun 2019 ini turnamen diikuti oleh tim bola voli dan futsal dari 35 SMP/MTs se Kabupaten Gunungkidul bahkan ada yang dari Jawa Tengah”, jelas Darmadi.

Dirinya juga menyampaikan selamat kepada sekolah-sekolah yang menjadi pemenang. Berdasarkan rilis yang diterima Maarifnudiy.com, sekolah-sekolah yang menjadi pemenang Stembaka Cup 2019 adalah, untuk cabang bola voli putra, SMP Saptosari (juara 1), SMP Negeri 2 Semanu (juara 2), SMP Negeri 1 Karangmojo (juara 3), dan SMP Negeri 1 Paliyan (juara 4). Sementara itu, untuk cabang bola voli putri, sekolah yang menjadi pemenang adalah SMP Negeri 1 Playen (juara 1), SMP Negeri 3 Wonosari (juara 2), SMP Negeri 1 Rongkap (juara 3), dan SMP Negeri 1 Semanu (juara 4). Untuk cabang futsal, sekolah yang menjadi pemenang adalah SMP Negeri 1 Ngawen (juara 1), MTs Negeri 3 Gunungkidul (juara 2), SMP Negeri 3 Karangmojo (juara 3), dan SMP Muhammadiyah Ponjang (juara 4).

Belajar dari pelaksanaan Stembaka Cup ini, Darmadi mengungkapkan, sekolahnya sedang mengkaji penyelenggaraan SMK berbasis olahraga. Untuk itu, Darmadi berharap dukungan dari semua pihak agar rencana ini dapat terwujud. (sab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here