Home Wilayah Guru Ma’arif Ikuti Pelatihan Google Suite

Guru Ma’arif Ikuti Pelatihan Google Suite

437
0

Maarifnudiy.or.id–Guru-guru Ma’arif bersama ratusan guru di Indonesia antusias mengikuti Pelatihan Google Suite untuk Menunjang Aktivitas Guru di Era Kebiasaan Baru. Kegiatan ini digelar oleh Tim PPM UNY bekerja sama dengan Asosiasi ADGVI dan LP Ma’arif NU PWNU DIY. Pelatihan yang digelar secara daring tersebut bertujuan sebagai bentuk memperkenalkan Google Suit serta manfaat yang akan diperoleh di dalamnya dan memberikan pelatihan penggunaan Google Suite yang dapat digunakan oleh guru-guru untuk menunjang kebutuhan dalam belajar mengajar.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Sugiyono, mengucapkan terima kasih kepada ketua tim dan narasumber yang telah menyelenggarakan Pelatihan Google Suite dengan LP Ma’arif ini. Ketua LP Ma’arif NU PWNU DIY ini menyampaikan, LP Ma’arif DIY mempunyai 137 sekolah yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota, dengan jumlah guru yang cukup banyak. Ia selaku Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU DIY meminta kepada pihak UNY untuk memberikan kegiatan-kegiatan pelatihan yang terkait dengan kompetensi guru terutama dalam pembelajaran.

“Alhamdulillah, usulan kami kepada UNY hari ini telah dikabulkan,” kata penulis buku-buku best seller bidang metodologi penelitian tersebut, Selasa (29/5).

Selain untuk guru di lingkungan Ma’arif, kegiatan tersebut juga diikuti oleh guru dan dosen di luar Ma’arif. Dalam kesempatan ini, Prof Gie–demikian dirinya biasa disebut–sekaligus membuka acara pelatihan tersebut.

Kegiatan ini dimulai 29 Mei 2021 dan akan diselenggarakan selama 13 hari. Hari pertama pelatihan diisi materi Aplikasi Teknologi Pembelajaran di Era Digital oleh Prof. Dr. Moch. Bruri Triyono, M.Pd. Penyampaian materi menggunakan slide kemudian dilanjutkan tanya-jawab.

Materi kedua adalah Optimalisasi Google Docs dan Google Slide untuk Aktivitas Kerja bersama Guru di Era Kebiasaan Baru oleh Prof. Pardjono, M.Sc., Ph.D. Materi ketiga diisi Kolaborasi Google Form dan Google Spreadsheet sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran dan Penelitian Guru oleh Febrianto Amri Ristadi, M.Eng.Sc. Penyampaian materi menggunakan slide sekaligus dipraktikkan. Materi terakhir diisi oleh Surono, M.Pd. dengan materi Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Menurut Bayu Rahmat Setiadi, M.Pd., Pengurus Pusat ADGVI, kepada LP Ma’arif NU PWNU DIY, pelatihan pembuatan Google Suite itu adalah program yang disesuaikan dengan kebutuhan para guru saat ini. Kegiatan tersebut merupakan Kerjasama LP Ma’arif dan ADGVI. Ia berharap mitranya dapat menunjukkan eksistensinya.

Setelah acara pada hari pembukaan ini, kegiatan dilanjutkan pada 5 Juni 2021 secara Vicon. Pendampingan dilaksanakan 31 Mei sampai dengan 4 Juni dan 7 sampai dengan 11 Juni 2021 melalui grup WhatsApp.

“Ada tugas setiap materi diberikan, tidak hanya Vicon. Kita mengharapkan guru-guru itu ada pendampingan. Guru-guru LP Ma’arif diharapkan mulai aktif menggunakan perangkat-perangkat online termasuk Google Suite ini. Mohon guru-guru setelah mengikuti pelataihan ini bisa mempraktikan, baik untuk bekerja ataupun mengajar tidak hanya mengikuti pelatihan saja” pungkas Bayu Rahmad Setiadi. (*)

Previous articleLP Ma’arif NU PWNU DIY Turut Sukseskan Syawalan bagi Warga NU
Next articleSDNU Sleman Yogyakarta Gelar Wisuda Virtual
Staf Bidang Humas dan Informasi LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here