Home Sekolah Harlah, SMK Diponegoro Depok Utamakan Akhlak

Harlah, SMK Diponegoro Depok Utamakan Akhlak

750
0

Sleman, Maarifnudiy.or.id–SMK Diponegoro Depok memasuki usia ke-18 pada Kamis, 23 September 2021. Serangkaian kegiatan dilaksanakan untuk menyemarakkan Harlah SMK Diponegoro Depok tahun ini. Berbagai jenis lomba digelar, baik untuk siswa SMP/MTs sederajat, siswa SMK Diponegoro Depok, maupun alumni.

Untuk siswa SMP/MTs sederajat, panitia mengadakan congrat challenge. Bagi siswa SMK Diponegoro Depok diadakan lomba desain busana dan lomba adzan. Sementara itu, untuk alumni digelar lomba pembuatan film pendek. Seluruh lomba dilangsungkan secara virtual dengan mengirim hasilnya ke Instagram.

Tasyakuran Harlah SMK Diponegoro Depok diselenggarakan pada tanggal 23 September 2021 mulai pukul 07.30 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan dan hanya dihadiri guru dan karyawan serta tamu undangan dari Yayasan SMK Diponegoro Depok. Siswa mengikuti acara tersebut melalui Zoom.

Tasyakuran diawali dengan Tahtiman (Khotimal Qur’an) oleh santri Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Depok dan Pengurus Rohis (Kerohanian Islam) SMK Diponegoro Depok. Setelah tahtiman, dilanjutkan dengan Manaqib yang dipimpin oleh Kyai Alwi Fuadi, S.Ag. diikuti seluruh guru dan karyawan SMK Diponegoro Depok.

Kepala SMK Diponegoro Depok, Suwarno, ST. dalam sambutannya berharap 18 tahun ini merupakan tahun kebangkitan SMK Diponegoro Depok sesuai dengan slogan  “Mengutamakan Akhlak, Memajukan Pengetahuan”. Ini sejalan dengan visi SMK yakni mencetak lulusan yang UTAMA (Unggul, Terampil, Agamis, Mandiri, berAkhlak karimah). Banyak hal yang sudah dilakukan saat SMK Diponegoro Depok mengalami pasang surut, hasilnya alhamdulillah tahun ini mengalami peningkatan.

KH Saliman S.Ag., selaku Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro menyampaikan sejarah awal SMK Diponegoro Depok. Dirintis sejak tahun 1990, dengan berupaya mengakomodasi lulusan SMP Diponegoro agar tetap melanjutkan studi di Diponegoro yakni SMK, bahkan direncanakan juga akan membuka perguruan tinggi sehingga pendidikan anak bisa berkesinambungan.

23 September 2003, pada jama’ah Dizkrul Ghofilin Purbojati DIY di Pondok Pesantren Diponegoro, diikrarkan berdirinya SMK Diponegoro Depok. Dengan bimbingan dan binaan dari Universitas Negeri Yogyakarta, SMK Diponegoro Depok mempersiapkan diri secara administrasi dan perizinan di bawah komando H. Nurliadin M.Pd. yang sekaligus Kepala SMK Diponegoro Depok pertama.

Kesulitan dan tantangan sudah menjadi bagian dari perjalanan SMK Diponegoro Depok. Melanjutkan dan mempertahankan jauh lebih berat daripada kesulitan-kesulitan saat merintis dan mendirikan. Namun, dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang bagus antara pihak sekolah, yayasan, masyarakat, dan terutama Nahdhaltul Ulama, maka perlu kerjasama untuk terus memajukan SMK Diponegoro Depok.

Pemotongan tumpeng menjadi puncak acara tasyakuran Harlah ke-18 SMK Diponegoro Depok. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kepala SMK Diponegoro Depok yang kemudian diserahkan kepada Bapak KH. Syakir Ali, M.Si. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan paket bingkisan untuk guru dan karyawan serta diakhiri dengan doa tasyakuran oleh KH Syakir Ali, M.Si.

Rangkaian acara peringatan Harlah SMK Diponegoro Depok ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. Selain dilaksanakan secara terbatas di SMK Diponegoro Depok, peringatan Harlah ini juga dapat disaksikan melalui kanal Instagram @smkdiponegoropok. Banyak ucapan dan doa terbaik yang disampaikan untuk SMK Diponegoro Depok diusia 18 tahun. Seperti slogan harlah “Mengutamakan Akhlak, Memajukan Pengetahuan”, semoga SMK Diponegoro Depok dapat mencetak lulusan yang mengutamakan akhlak untuk membangun bangsa. (*)

Previous articleGOTA SMK Diponegoro Depok, Gerakan Bersama Bantu Sesama
Next articleAgar Lebih Baik Lagi, LP Ma’arif NU PWNU DIY Perlu Berkoordinasi dengan Berbagai Pihak
Humas SMK Diponegoro Depok, Sleman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here