Home Prestasi Juara IV: Pemanfaatan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran TIK

Juara IV: Pemanfaatan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran TIK

506
0

Tim Maarifdiy. Melihat potensi peserta didik merupakan cara cerdas untuk mengatasi kesenjangan di kelas, maka lahirlah model pembelajaran tutor sebaya. Model ini memang relatif lama, tetapi tetap abadi karena adaptif dan menguras strategi. Anak-anak yang pintar dalam pembelajaran berpotensi mengganggu, dan model ini berpeluang mengatasinya (atau sebaliknya). Dalam kondisi fasilitas sekolah yang relatif terbatas, Eka Purwanto berusaha mengimplementasikan model ini dan dinyatakan berhasil. Eka mampu menyeimbangkan kondisi kelas, yakni permasalahan teratasi dan pembelajaran TIK berhasil. PTK ini menang karena empat kelebihan, yakni kemampuan mengatasi permasalahan secara proporsional, munculnya efek kelas kondusif, kemampuan penyajian yang baik, dan potensi keberlanjutan model. Teman-teman guru dipersilakan mengunduh, mempelajarinya dengan baik, lalu memanfaatkan modelnya dalam kelas. Salam PTK. SMART.

Download erka-purwanto-teknologi-informasi-dan-komunikasi

Previous articleBerita Foto: Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Guru SMP Se-Jawa
Next articleJuara III: Pemanfaatan Peta Konsep dalam Pembelajaran IPA
Dr. Tadkiroatun Musfiroh adalah seorang linguis dan Sekretaris Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta