Home Wilayah Ketua Ma’arif NU DIY, Kepala Sekolah Perlu Libatkan Pihak Luar untuk Evaluasi

Ketua Ma’arif NU DIY, Kepala Sekolah Perlu Libatkan Pihak Luar untuk Evaluasi

417
0
Dari kanan: Prof. Dr. Sugiyono, Prof. Dr. Margana, Dr. Arif Rohman, dan Sukarja, M.Pd.

Maarifnudiy.or.id–Untuk meningkatkan kualitas, sekolah perlu melibatkan pihak luar untuk evaluasi. Keterlibatan pihak luar ini dalam dua model. Model pertama dalam bentuk kerja sama, model kedua evaluasi diserahkan sepenuhnya kepada pihak luar.

Hal tersebut disampaikan Prof. Dr. Sugiyono saat Pembukaan Presentasi Laporan dan Program Kepala Sekolah dan Pembukaan Diklat Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah di Lingkungan LP Ma’arif NU DI Yogyakarta, Senin (14/1). Ketua LP Ma’arif NU DIY itu menjelaskan, evaluasi dengan model pertama dimungkinkan akan berdampak pada peningkatan kualitas yang signifikan bagi perkembangan sekolah. Dampai terbaik akan timbul jika evaluasi diserahkan sepenuhnya kepada pihak luar.

Pada kesempatan itu, Guru besar FT UNY itu menjelaskan, dalam menjalankan perannya, kepala sekolah hendaknya melakukan fungsi detektor, yaitu melihat atau memantau segala sesuatu yang terjadi di lembaga yang dipimpinnya. Perlu dilihat, apakah perjalanan lembaganya sudah sesuai dengan standar nasional pendidikan atau belum.

Kemudian, kepala sekolah juga melakukan fungsi asesor. Di sini, kepala sekolah melihat apa yang sudah atau sedang berjalan kemudian dibandingkan dengan rencana yang sudah disusun, apakah sudah berjalan sesuai recana atau belum. Jika sudah sesuai dan tidak terjadi penyimpangan, berarti bisa jalan terus, bahkan perlu peningkatan standar untuk menjadi lebih baik.

Ada juga fungsi efektor. Jika ada masalah, kepala sekolah perlu melihat, mencari tahu penyebab masalah tersebut. Kepala sekolah juga perlu melakukan identifikasi, untuk mencari alternatif penyelesaian hingga dapat melakukan tindakan yang tepat.

Hal yang tidak kalah penting menurut Sugiyono, adalah evaluasi. Tanpa adanya evaluasi, kemungkinan tidak akan ada perubahan, bahkan bisa meningkat bahkan turun. Evaluasi bisa dilakukan sendiri, peningkatan yang terjadi biasanya tidak banyak atau sedikit. Untuk meningkatkan kualitas secara signifikan, sekolah perlu bekerja sama dengan pihak luar atau meminta pihak luar melakukan evaluasi. Dalam rangka melakukan evaluasi dengan model kerja sama inilah kegiatan presentasi laporan dan program kerja kepala sekolah dilaksanakan hari itu.

Acara pembukaan dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pascasarjana Baru UNY Lantai 7 dan berlangsung pukul 08.00-16.00 WIB. Hadir pada kegiatan tersebut Pembina LP Ma’arif NU DIY, Dr. Arif Rohman dan Prof. Dr. Margana, sekretaris PW Ma’arif NU DIY (Dr. Tadkiroatun Musifiroh), dan beberapa pengurus lain. Peserta yang hadir adalah kepala dan bakal calon kepala sekolah di lingkungan Ma’arif NU DI Yogyakarta.

Previous articleSekolah Ma’arif Perlu Maksimalkan Pemanfaatan IT dan Laksanakan Prinsif 4IS
Next articlePengumuman Skor 6 Besar Kandidat Juara Lomba Desain Batik Ma’arif NU DIY
Pekerja sosial, lulusan Pendidikan Sastra Universitas Negeri Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here