Home Wilayah KLB LP Ma’arif NU PWNU DIY Adakan Workshop Karya Tulis Ilmiah

KLB LP Ma’arif NU PWNU DIY Adakan Workshop Karya Tulis Ilmiah

352
0

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–Komunitas Literasi Baru Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU DIY mengadakan workshop secara online “Karya Tulis Ilmiah” pada hari Selasa (11/1). Kegiatan ini diikuti oleh 67 peserta guru-guru di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU DIY.

Ketua kegiatan, Didik Wiyono, S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah serangkaian acara yang sudah dilakukan dari beberapa bulan yang lalu, yaitu workshop penyusunan Study Pack. Dalam kegiatan Workshop Study Pack yang telah berlangsung tersebut, para guru yang mengikuti telah membuat karya Study Pack. Ada 11 karya Study Pack dari 11 sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU DIY yang nantinya akan di-HAKI-kan.

“Acara pada pagi hari ini adalah rangkaian acara tersebut, di mana kita merasakan bahwa guru itu masih terlalu kurang pengetahuan dan keterampilan dalam membuat karya tulis ilmiah” ungkap Didik.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari UNY yang memiliki pengetahuan luas dan pengalaman yang mumpuni dalam menulis, Prof. Dr. H. Sugiyono, M.Pd. Acara dibuka oleh Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum., selaku Sekretaris LP Ma’arif NU PWNU DIY sekaligus Dosen Linguistik di UNY.

Dalam sambutannya, Tadkiroatun menyampaikan bahwa karya tulis ilmiah itu sangatlah penting untuk memudahkan mengenali masalah, menajamkan daya analisis, memperluas pengetahuan, menguatkan rasa ingin tahu, dan menguatkan kemampuan linguistik.

Sekretaris LP Ma’arif NU PWNU DIY menambahkan, bahwa profil guru LP Ma’arif NU PWNU DIY itu peka terhada masalah, mempunyai tanggung jawab akademik dan kompetitif. Ia menargetkan setiap ada ajang kompetisi guru, guru-guru Ma’arif diharapkan selalu hadir karena kehadiran itulah yang penting.

Prof. Dr.Sugiyono

Acara dilanjutkan dengan paparan materi dari narasumber. Dalam paparannya, penulis buku best seller yang lebih akrab disapa dengan Prof. Gie itu menjelaskan, dengan kita menulis maka akan terbuka berbagai pemikiran dan berbagai kreativitas untuk selalu melakukan inovasi. Dalam kesempatan itu, dijelaskan pula bagaimana langkah-langkah pembuatan Karya Tulis Ilmiah dari berbagai ahli dan bagaimana guru itu lebih melakukan inovasi-inovasi pembelajaran.

“Sesuatu yang ilmiah itu paling tidak cirinya adalah rasional (masuk akal), empiris (didukung fakta/data), sistematis (menggunakan urutan-urutan yang logis)” ungkapnya Prof. Gie.

Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan ini, diharapkan peserta termotivasi untuk membuat atau merumuskan masalah untuk judul-judul inovasi pembelajaran. (*)

Previous articleSerah-Terima Jabatan Kepala Sekolah dan Pembinaan Pimpinan Level I di Lingkungan LP Ma’arif
Next articleKKMI LP Ma’arif NU Gunungkidul Kunjungi PBNU
Staf Bidang Humas dan Informasi LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here