Home Kulonprogo SMA Ma’arif Wates Siapkan Siswa Entrepreneur

SMA Ma’arif Wates Siapkan Siswa Entrepreneur

15
0
Guru membeli donat yang ditawarkan siswa.

Kulon Progo – SMA Ma’arif Wates merintis sekolah berbasis kewirausahaan dengan menggelar Bazar Kelompok Usaha Siswa.

“Kami adakan bazar ini dengan harapan agar siswa, setelah lulus nanti bisa terampil dan dapat mendukung usahanya tanpa harus bingung mencari pekerjaan karena telah dibekali dengan keterampilan praktis berbasis wirausaha,” kata Kepala SMA, Sri Nahriyati, S.Si., Kamis (26/09/2019).

Program ini menurut Nana, sapaan akrab Kepala SMA, sekaligus mendukung visi sekolah yakni ‘Religius, Unggul, Terampil, dan Berakhlakul Karimah sesuai Ahlussunnah Waljama’ah’.

Dengan visi ini diharap ke depan sekolah benar-benar bisa menjadi sekolah yang mampu melahirkan siswa-siswa yang berpribadi, berjiwa entreprenur yang hebat dan berakhlaqul karimah.

 “Ini baru pertama, saya berharap semoga bazar seperti ini bisa rutin dilaksanakan, meskipun sederhana, tetapi siswa merasakan pengalaman nyata.” ungkap Tika Kurniawati, guru kewirausahaan SMA.

Salah satu menu yang dijajakan adalah batagor sultan dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan bazar kewirausahaan yang diikuti siswa kelas X ini bertepatan dengan kegiatan bakti sosial pemeriksaan mata gratis dan kacamata murah. Sehingga siswa diminta membuat produk sesuai kemampuan mereka  dan menjualnya kepada pengunjung bakti sosial. Siswa membentuk kelompok sebanyak 3 orang, sehingga terbentuk 5 kelompok. Dalam bazar ini dijajakan berbagai produk olahan berupa minuman herbal, jus jeruk, batagor sultan, pisang gapit, telur gulung, donat mini, serta produk olahan lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here