Home Sekolah Kurban Sapi, SMK Ma’arif 2 Sleman Bagi ke Masyarakat dan Gelar Lomba...

Kurban Sapi, SMK Ma’arif 2 Sleman Bagi ke Masyarakat dan Gelar Lomba Masak

158
0

Sleman, Maarifnudiy.or.id–SMK Ma’arif 2 Sleman kembali berkurban dalam rangka merayakan Iduladha 1443 hijriah, Selasa (12/7). Daging kurban tersebut kemudian dibagikan kepada warga sekitar. Selain itu, panitia juga selenggarakan lomba memasak bagi siswa-siswi kelas XI dan XII dari semua jurusan.

Kepala SMK Ma’arif 2 Sleman, Dra. Hj. Atik Sunaryati, menyampaikan bahwa berkurban merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi di sekolahnya. Selain langsung dipotong di sekolah, kadang hewan kurban diberikan ke warga untuk dipotong di kampung masing-masing.

Menurut Atik, pemotongan kurban ini dalam rangka mengajarkan betapa pentingnya berkurban. Para siswa dapat meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sekaligus belajar ikhlas berbagi kepada sesama.

Adanya pandemi membuat aktivitas perayaan Iduladha di SMK Ma’arif 2 Sleman sempat terganggu. Tahun 2022 ini, SMK Ma’arif 2 Sleman kembali menyelenggarakan secara meriah, di antaranya dengan lomba memasak.

Masih dari Atik Sunaryati, ada dua tujuan utama sekolahnya menyelenggarakan lomba memasak. Pertama, dalam rangka mengasah kemampuan para siswa.

Memang, di SMK Ma’arif 2 Sleman ada Jurusan Tata Boga. Akan tetapi, kemampuan memasak bukan hanya perlu dimiliki mereka yang mengambil jurusan tersebut, tetapi juga para siswa pada jurusan lain. Nantinya, mereka akan menjadi ibu rumah tangga, kepala keluarga, yang tentu saja punya tanggung jawab masak-memasak.

Tujuan kedua yang tidak kalah penting adalah merekatkan kembali hubungan para siswa. Dalam dua tahun pandemi ini, hubungan mereka secara fisik terjauhkan. Oleh karena itu, para siswa perlu kembali belajar bergaul, berkomunikasi, beradaptasi, dan membangun relasi secara langsung yang akan sangat berguna dalam karier mereka nanti.

Siswa yang menjadi peserta berasal dari kelas XI dan XII dari jurusan TKR, Boga, dan Busana. Secara keseluruhan ada sebelas kelompok peserta.

Masakan yang dilombakan terdiri atas dua macam, yaitu makanan basah dan kering. Jenis yang dimasak di antaranya tongseng, gulai, steak, daging sapi bumbu bali, asam manis, soto, dan dendeng balado.

Hasil kreasi siswa dihidangkan di Ruang Pertemuan SMK Ma’arif 2 Sleman untuk dinilai dewan juri. Tim juri yang ditunjuk panitia adalah Drs. Padmono Sukoco, Sri Hatmiyati, S.Pd., dan Imey Eka Putri, S.Pd. Ketiganya berasal dari Jurusan Tata Boga SMK Ma’arif 2 Sleman. (*)

Previous articleTerima Hewan Kurban dari LP Ma’arif NU PWNU DIY, SMK Ma’arif 1 Sleman Undang Warga dan Gelar Lomba Memasak
Next articleLP Ma’arif NU PWNU DIY Serahkan Sapi Kurban ke SMK-SMA-SMP Ma’arif Kota Yogyakarta
Administrator website LP Ma'arif NU DI Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here