Home Bantul Tingkatkan Kualitas SDM, LP Maarif NU Bantul Adakan Workshop Peningkatan SDM Kepala...

Tingkatkan Kualitas SDM, LP Maarif NU Bantul Adakan Workshop Peningkatan SDM Kepala Madrasah dan Sekolah

182
0
Nadhif Masykur

Bantul, Maarifnudiy.or.id–Peningkatan mutu dan kualitas SDM memang jadi perhatian khusus dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini. Dalam kepentingan untuk meningkatkan kualitas SDM bagi para kepala madrasah dan kepala sekolah di bawah LP Ma’arif NU Bantul, Pengurus LP Ma’arif NU bantul mengadakan acara yang bertajuk Workshop Peningkatan SDM dalam Dunia Pendidikan. Acara yang berlangsung di Gedung PCNU Bantul pada sabtu, (20/03) pagi.

Acara dibuka langsung oleh Ketua PCNU Bantul, Dr. H. Riyanto, M.Hum., yang menyampaikan kepada para pengurus LP Ma’arif NU dan tamu undangan mengenai pentingnya menanamkan sejak dini nilai-nilai ke-NU-an pada peserta didik.

“Penanaman nilai-nilai dan pondasi Ke-NU-an adalah tugas kita bersama, supaya kita bisa melahirkan generasi-generasi yang mempunyai pondasi Ideologi Ahlussunnah Wal Jamaah an-nahdliyah. Di tengah kerasnya tantangan zaman, kita bersama harus mempersiapkan generasi penerus bangsa dengan memberi bekal nilai-nilai ke-NU-an,” ungkap Riyanto.

Acara dilanjutkan pembahasan kebijakan LP Ma’arif NU Bantul yang disampaikan langsung oleh Bambang Susilo, M.Pd. Bambang Susilo menyampaikan tugas pokok kepala sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU Bantul, sistem managerial, pengelolaan fasilitas, dan seterusnya. Dirinya menyampaikan bahwasanya penting kepala madrasah/sekolah menguasai tugas pokok yang sudah dipaparkan.

Ahmad Farid

Materi berikutnya tentang perubahan mindset kepala madrasah yang disampaikan oleh Ahmad Farid, S.Ag., M.S.I. Dalam pemaparannya, Ahmad Farid menyampaikan bahwa kepala madrasah/sekolah sebagai leader sudah seharusnya mempunyai jiwa kepemimpinan yang bisa dicontoh. Perubahan mindset dalam menghadapi segala permasalah mungkin menjadi poin plus dari seorang pemimpin.

“Pergeseran paradigma dalam dunia pendidikan saat ini, memunculkan berbagai permasalahan yang sudah lama kita hadapi bersama, seperti kurikulum sudah berubah berkali-kali tetapi hasil masih tetap sama. Adapun masalah lain yaitu makna pendidikan bagi para pengajar hanya bertujuan untuk mentrasfer ilmu tidak memahamkan anak,” jelas Ahmad Farid.

Untuk materi terakhir yang disampaikan oleh KH. Nadhif Masykur, S.Fil.I., mengenai menjadi Kepala Madrasah Hebat. Ada beberapa point penting yang disampaikan oleh Nadhif Masykur, salah satunya adalah bagaimana kepala madrasah/sekolah harus mempunyai mental yang kuat dan berani untuk berpikir maju.

Hal penting dalam sebuah kepemimpinan adalah optimisme tinggi akan sebuah target. Potensi-potensi yang ada di madarasah bisa menjadi tombak dalam memajukan madrasah.

“Sebagai pemimpin, Bapak/Ibu sudah sepantasnya memberikan motivasi, membangkitkan tingkat harapan yang tinggi untuk para tendik supaya memiliki target-target tujuan serta cita-cita yang besar dengan meletakkan landasan berupa blief (keyakinan) yang kuat, sebagai penggerak untuk mencapai target terbaik,” paparan Nadhif Masykur.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di penghujung acara, pengurus LP Maarif menyampaikan bahwa progam ini akan berlanjut mejadi program bulanan, sehingga kedepan akan ada workshop-workshop lain untuk meningkatkan kualitas SDM di wilayah naungan LP Maarif NU Bantul. (Fa)

Previous articleLP Ma’arif NU DIY Siapkan Siswa Hadapi Ajang Kompetisi Sains Internasional
Next articleSambut KBM Tatap Muka, SDNU Sleman Laksanakan Vaksinasi Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here