Home Wilayah LP Ma’arif NU DIY Siapkan Siswa Hadapi Ajang Kompetisi Sains Internasional

LP Ma’arif NU DIY Siapkan Siswa Hadapi Ajang Kompetisi Sains Internasional

1005
0

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–LP Ma’arif NU DIY mengadakan persiapan mengikuti ajang kompetisi sains internasional di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta, Sabtu (20/3/2021). Acara ini merupakan yang pertama diadakan di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dan diharapkan menjadi ajang untuk menunjukkan kualitas serta menjadi motivasi untuk menggapai prestasi dan pembentukan karakter.

Ketua LP Ma’arif NU DI Yogyakarta, Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini inovatif. Dirinya berharap para siswa dengan dibekali pelatihan mampu mengikuti dan menghadapi perkembangan zaman dengan memiliki kemampuan berpikir dan bertindak secara kreatif, inovatif, dan ilmiah serta memiliki proses berpikir menggunakan pembuktian melalui data.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang inovatis dengan menyelenggarakan kalau bisa menjadi sekolah untuk peneltian mungkin diawali dengan pelatihan para siswa karena revolusi industri keempat kedepan kita dituntut untuk bisa kreatif karena kompetensi revolusi ada 4C, yaitu critical thingking, creative, colaboratif, dan comunikative,” ungkap Sugiyono yang disampaikan secara online pada acara pembukaan.

Lebih lanjut, Profesor Sugiyono berpesan pada para guru untuk memberikan motivasi pada para siswa mengikuti kegiatan pelatihan penelitian. Penelitian yang dilakukan pada para siswa dilakukan dari penelitian yang sederhana kemudian meningkat ke level yang lebih tinggi. Dirinya berharap sekolah-sekolah lain mengikuti pelatihan penelitian ini.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali di Ma’arif mudah-mudahan sukses kita tularkan ke tempat-tempat lain dan menjadi unggulan. Anak-anak perlu kita motivasi untuk ikut kegiatan penelitian dari yang sederhana dan diaharapkan melahirkan karya-karya yang lebih besar,” ucapnya.

Hadir pada kesempatan ini, H. Fahmi Akbar Idries, S.E., M.M. selaku Pembina Lembaga Pendidikan Ma’arif NU DIY. Dalam sambutannya, Fahmi menyampaikan bahwa kompetisi atau persaingan sangat luar biasa karena jumlah orang pintar jauh lebih banyak. Oleh karena itu, dibutuhkan perubahan pemikiran dari anak-anak dan ini merupakan tantangan bagi pendidikan. Mau tidak mau kita harus berubah mengimbangi perubahan zaman ini.

Pada kegiatan ini, para siswa didampingi oleh Ahmad Arief Ma’ruf, M.A., M.S.I. yang telah berpengalaman mendampingi dan mengantarkan para siswa memenangkan berbagai kompetisi penellitian, baik nasional maupun internasional. Fahmi Akbar Idries berharap sekolah-sekolah Ma’arif bisa memanfaatkan pengalaman tersebut.

“Pak Arief punya ilmu dan pengalaman mengenai penelitian maka manfaatkan kesempatan ini,” ucap Fahmi Akbar Idris kepada para hadirin.  

Hal senada disampaikan Sarwidi, M.Pd. selaku panitia. Dirinya yakin Ahmad Arief Ma’ruf dapat membina siswa melakukan penelitian karena pengalaman yang dimilikinya.

“Kegiatan ini akan meberikan mafaat yang akan dirasakan setelah lulus dan terjun ke masyarakat seperti membuat proposal atau menjadi guru atau menjadi kepala sekolah saya yakin itu manfaatnya dan pak Arief memiliki pengalaman yang luar biasa mengenai riset sehingga saya sangat berterima kasih telah berkenan membimbing” terang Sarwidi.

Sebagai tuan rumah, Kepala SMK Ma’arif 1 Yogyakarta, Dwi Santoso Wijiatmoko, berpesan kepada para siswa peserta untuk memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin.

“Acara ini bagus untuk menunjukan kualitas-kualitas kalian yang sebenarnya nanti Insya Allah dibawah bimbingan bapak Ahmad Arief Ma’ruf yang sangat memahami riset dan beliau sering mandampingi kompetisi-kompetisi internasional, harapan saya nanti selama berproses kalian betul-betul bulatkan tekad mencapai prestasi karena yang penting adalah hasil akhir dan yg lebih penting adalah karakter-karakter yang kalian peroleh selama proses ini seperti karakter tangguh dan ulet yang akan kalian pakai seumur hidup,” ucap Dwi Santoso Wijiatmoko. (*)

Previous articleIsra’ Mi’raj, Momentum Meneladani Nabi Muhammad SAW
Next articleTingkatkan Kualitas SDM, LP Maarif NU Bantul Adakan Workshop Peningkatan SDM Kepala Madrasah dan Sekolah
RS-2021 adalah Staf Humas LP Ma'arif NU DI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here