Home Wilayah LP Ma’arif NU PWNU DIY Gelar Workshop Reaktor CEO bagi Guru STLA...

LP Ma’arif NU PWNU DIY Gelar Workshop Reaktor CEO bagi Guru STLA dan SLB

60
0

Maarifnudiy.or.id–Sekolah merupakan agen perubahan. Dalam peran ini, sekolah merupakan penyemai calon ilmuan dan calon tenaga kerja yang andal.

Sekolah bersimbiosis dengan industri. Industri selalu membutuhkan tenaga kerja yang update dan andal. Sebaliknya, sekolah memerlukan penyerapan tenaga kerja yang disiapkannya.

Dalam menjalankan perannya, seorang kepala sekolah juga merupakan seorang CEO yang memiliki tanggung jawab besar, berani mengambil risiko, serta peka kebutuhan.

Selain itu, sebuah sekolah merupakan industri mini. Dalam konsep ini, sekolah merupakan ladang latih siswa, ladang kembang guru, serta ladang semai dudi (dunia usaha dan industri).

Hal tersebut disampaikan Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum. dalam sambutan tertulisnya sebagai Ketua Panitia Workshop Reaktor CEO, Kamis dan Sabtu (7 dan 8/1/2021).

Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum.

Pembukaan workshop dihadiri Anggota DPD DIY (KH. Dr. Hilmy Muhammad, M.A.), Pembina Ma’airf NU PWNU DIY (Fahmy Akbar Idries, M.M.), serta para pengurus LP Ma’arif NU PWNU DIY.

Dalam sambutannya, Hilmy Muhammad menyambut baik pelaksanaan kegiatan LP Ma’arif di Gedung DPD DIY. Lebih lanjut Hilmy berharap LP Ma’arif dapat bersinergi dalam program-program DPD DIY.

Sementara itu, Fahmy Akbar Idries menyampaikan bahwa penting bagi seorang kepala sekolah untuk menanamkan jiwa kewirausahaan. Menurutnya, negara yang  baik harus memiliki pengusaha di atas dua persen. Harapan untuk mencampai hal ini menjadi tanggung jawab sekolah-sekolah vokasional.

Untuk itu, Fahmy meminta pelatihan CEO ini tidak hanya sampai ke SLTA dan SLB, tetapi juga sampai ke SMP/MTS dan SD/MI yang berada di bawah naungan PC Ma’arif.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah kepala sekolah yang sudah mengikuti program COE (center of excellence) Kemdikbud RI, yaitu Dra. Atik Sunaryati (Kepala SMK Maarif 2 Sleman) dan Rahmat Raharja, M.Pd.I. (Kepala SMK Ma’arif 1 Wates).

Selain dari sekolah yang sudah mengikuti program COE, pamteri juga para kepala sekolah yang sudah mengikuti pelatihan CEO (chief executive officer) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud RI. Mereka adalah Sarwidi, M.Pd., Ahmad Darmadi, M.Eng. (Sekretaris III LP Ma’arif NU DIY)., dan Muh. Kadarisman, S.Pd. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here