Home Wilayah LPM NU DIY Latih Pengurus 18 MGMP Susun PTK

LPM NU DIY Latih Pengurus 18 MGMP Susun PTK

241
0

Kulon Progo, Maarifnudiy.or.id--LP Ma’arif NU PWNU Daerah Istimewa Yogyakarta (LPM NU DIY) mengadakan Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru LPM NU DIY. Diklat PTK ini dilaksanakan secara luring dan daring selama sepuluh kali pertemuan.

Pertemuan pertama diselenggarakan di SMK Ma’arif 1 Wates, Senin (22/08). Narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua LPM NU DIY sekaligus dosen FBS UNY, Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum. dan Widyaiswara LPMP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dr. Sugiyanta, M.Pd.

Dalam paparannya, Dr. Tadkiroatun menjelaskan bahwa PTK merupakan kegiatan penelitian yang berprinsip SMART (specific, manageable, acceptable, realistic, team, and time bound). Materi diklat yang disampaikan antara lain tentang karakteristik PTK, unsur utama masalah PTK, penyempurnaan PTK, level PTK, rumusan judul, dan validitas PTK.

Sementara itu, Dr. Sugiyanta,M.Pd. menjelaskan secara rinci tentang kurikulum merdeka dan pertisipasi aktif guru dalam platform mandiri mengajar.

Peserta Diklat PTK ini adalah ketua dan sekretaris 18 MGMP di LPM NU DIY. Secara teknis, tiap MGMP membentuk dua tim yang beranggotakan empat guru pilihan di setiap timnya.

Diklat hari pertama ini dihadiri pula oleh Pengurus Divisi PPSDM LP Ma’arif NU PWNU DIY, Yayan Rubiyanto, S.Hum., M.Pd., dan Waka Kesiswaan SMK Ma’arif 1 Wates, Prasetya Wibawa,S.Pd.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian RTL pada 18.00 WIB. Selanjutnya, diklat ditutup oleh Pengurus Forkom MGMP LPM NU DIY. (*)

Previous articleKSM Gunungkidul, MA YAPPI Gubukrubuh Juara di 4 Cabang dan Maju Tingkat Provinsi
Next articlePertemuan Kedua Pelatihan PTK Pengurus 18 MGMP LPM NU DIY
Didik Wiyono adalah Ketua MGMP Bahasa Inggris LP Ma'arif NU PWNU DIY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here