Home MGMP LPM NU DIY – LPPM UNY Latih Guru Susun Bahan Ajar Berbasis...

LPM NU DIY – LPPM UNY Latih Guru Susun Bahan Ajar Berbasis Graded Reader Level

31
0

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–LP Ma’arif NU PWNU Yogyakarta dan LPPM UNY berkolaborasi latih guru susun bahan ajar berbasis graded reader level (GRL), Jumat (16/9). Sasaran pelatihan adalah guru bahasa Inggris, Indonesia, dan Jawa pada jenjang SLTP dan SLTA. Narasumber dalam kegiatan ini adalah tim dosen S3 Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu Prof. Dr. Pratomo Widodo, Prof. Dr. Endang Nurhayati, Dr. Tadkiraotun Musfiroh, dan Anita Triatuti, Ph.D.

Endang Nurhayati menyampaikan bahwa pelatihan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru dalam menilai kemampuan siswa belajar bahasa. Pelevelan dalam kemampuan bahasa sangat penting dilakukan. Menurutnya hal ini terjadi karena siswa mempunyai tingkat literasi yang berbeda-beda.

Masih menurut Endang, untuk siswa SLTA, penguasaan materi kata dalam bahasa Jawa harus lebih dari 6.000 kata. Hal ini harus diperhatikan oleh guru bahasa Jawa di SLTA.

“Untuk anak SLTA penguasaan materi kata dalam bahasa jawa harus lebih dari 6000 kata dan harus diperhatikan oleh para guru bahasa Jawa SLTA,” jelas Endang.

Sementara itu, Dr. Tadzkiroatun Musfiroh, M.Hum. menjelaskan cara mendeteksi kemampuan siswa dari kecepatan, peahaman, dan kemampuan dalam membaca. Ketua LPM NU DIY itu menyampaikan, untuk pelevelan, bisa menggunakan SLSC, EPER, dan GLS.

Narasumber berikutnya, Anita Triastuti, Ph.D., menjelaskan GRL dalam bidang pengajaran B. Inggris. Menurutnya, dalam B. Inggris, GRL digunakan sebagai jembatan agar para siswa memiliki kemapuan membaca. Selain hal itu, GRL dapat meningkatkan kepercayaan diri para siswa dalam belajar karena sesuai dengan jenjangnya.

Acara yang diselenggarakan menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini diikuti oleh 45 peserta. Setelah mendapatkan materi dari narasumber, peserta mendapat penjelasan tentang rencana tindak lanjut, yaitu mendeteksi kemampuan siswa dan menyiapkan bahan materi untuk pertemuan selanjutnya.

Pelatihan dijadwalkan akan berlangsung selama 24 jam pelajaran dengan 4 kali pertemuan. Jika berhasil menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat dan bagi yang terpilih akan difasilitasi dalam pengurusan sertifikat HKI. (*)

Previous articlePertemuan Kedua Pelatihan PTK Pengurus 18 MGMP LPM NU DIY
Next articleSekolah dan Madrasah Ma’arif NU DIY Sambut 93 Tahun LP Ma’arif NU
Staf bagian humas LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here