Home MGMP MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif DIY Gelar Workshop Pembuatan Buku Digital

MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif DIY Gelar Workshop Pembuatan Buku Digital

205
0

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif NU PWNU DIY menggelar Workshop Pembuatan Buku Digital (Bookcreator) melalui Zoom Meeting, Kamis (29/7). Kegiatan yang diikuti oleh 35 guru Bahasa Inggris ini diadakan untuk meningkatkan kreativitas dalam literasi digital. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina MGMP Bahasa Inggris, Joshua Subandriyo, BBA., S.H., M.Pd. Sebagai pemateri adalah Didik Wiyono, S.Pd. yang juga merupakan Ketua MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif NU PWNU DIY.

Dalam pembukaan kegiatan, Joshua Subandriyo menegaskan pentingnya kemampuan literasi digital bagi guru Bahasa Inggris sebagai salah satu kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten/informasi, dengan kecakapan kognitif maupun teknikal. Dalam literasi digital, juga dituntut untuk kreatif dan mengikuti perkembangan semakin majunya teknologi digital agar penyampaian materi/tulisan dalam bentuk literasi digital lebih menarik.

Workshop dilaksanakan dalam rangka meningkatkan empat kompetensi Guru Bahasa Inggris (pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial). MGMP Bahasa Inggris berupaya menyusun program kerja yang dapat membantu guru mengembangkan kemampuan tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi MGMP LP Ma’arif NU PWNU DIY, MGMP Bahasa Inggris telah menyusun program kerja mingguan dan bulanan untuk periode Juli 2021–Juni 2022.

Program mingguan tersebut adalah English Talk yang diadakan setiap Kamis pukul 09.30–11.00 pada minggu ke 1, 2, dan 3. Sementara itu, program bulanan akan dilaksanakan setiap Kamis minggu terakhir.

Didik Wiyono mengemukakan, penguasaan TIK dalam literasi digital wajib dimiliki oleh setiap guru Bahasa Inggris. Guru yang kreatif harus memiliki kemampuan editing video, audio, foto, dan juga desain. Kemampuan itu perlu diperbarui setiap saat untuk mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran.

Lebih lanjut, Guru Bahasa Inggris SMK Pembangunan Dlingo itu menambahkan, program bulanan periode Juli ini berupa workshop pembuatan e-book secara online. Dengan harapan, guru bahasa Inggris mampu membuat materi pembelajaran yang menarik bagi siswa dan juga mampu meningkatkan kemampuan menulis (writing) siswa. E-book yang akan dibuat oleh guru pada workshop ini menggabungkan fitur video, audio, gambar, dan teks dari aplikasi bookcreator.com.

Materi workshop pembuatan e-book ini meliputi kemampuan editing audio menggunakan Audacity, Wavepad, dan pengenalan fitur-fitur dasar bookcreator.com. Selama lima jam workshop, peserta diharapkan mampu mengikuti kegiatan dengan lancar dan mampu mengerjakan tugas akhir workshop untuk mendapatkan sertifikat pelatihan dari LP Ma’arif NU PWNU DIY.

Sebagai tindak lanjut program bulanan MGMP Bahasa Inggris, Didik Wiyono selaku Ketua MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif NU PWNU DIY meminta partisipasi aktif semua guru Bahasa Inggris di LP Maarif NU PWNU DIY dalam setiap kegiatan MGMP. (*)

Previous articleIduladha, PWLP Ma’arif NU DIY Fasilitasi Kurban di Sekolah dan Madrasah Bantul dan Sleman
Next articleKunjungi SMA Ma’arif Yogyakarta, Mendikbudristek: Peran Sekolah Swasta Sangat Penting, Jangan Sampai Mati
Staf Humas LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here