Home Wilayah Tingkatkan Daya Saing, MGMP Bahasa Inggris SLTA Ma’arif NU DIY Susun Modul...

Tingkatkan Daya Saing, MGMP Bahasa Inggris SLTA Ma’arif NU DIY Susun Modul English for Spesific Purpose (ESP)

452
0

Maarifnudiy.or.id–Guru-guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Inggris SLTA LP Ma’arif NU DI Yogyakarta siapkan modul English for Spesific Purposes (ESP) atau modul pembelajaran bahasa Inggris berbasis kompetensi keahlian di SMK. Pertemuan diselenggarakan di Kantor LP Ma’arif NU DIY, Selasa (9/2).

Sekretaris LP Ma’arif NU DIY, Dr. Tadkirotun Musfiroh, M.Hum., mengungkapkan bahwa modul pembelajaran ESP dibuat secara bertahap. Tahun ini menyiapkan modul untuk kelas X, disusul kemudian penyusunan untuk kelas XI, berikutnya kelas XII. Ada 14 guru dari 41 guru hasil asesmen dan seleksi yang menjadi tim penyusun ESP.

Masih menurut Tadkiroatun, tim penulisan telah dibekali dengan training dan motivasi, di antaranya dengan menghadirkan narasumber Prof. Bill Neal (mantan Dekan MBA di Utah Valley Universitiy (UVU) Amerika Serikat, D. Todd Sibley (mantan dosen di UVU, Amerika Serikat), Dianne Neal (penutur asli dari Utah, Amerika Serikat). Tim penulis ESP adalah guru-guru muda insan Ma’arif yang dibimbing dosen Bahasa Inggris Akademi Refraksi Optisi Leprindo Jakarta, Joshua Subandriyo.

LP Ma’arif NU DIY memiliki guru-guru kompetitif meski jumlahnya baru 40%. MGMP Bahasa Inggris menjadi salah satu kendaraan penting guru-guru untuk berkembang dan bekerja sama meningkatkan mutu sekolah.

Didik Wiyono, S.Pd. selaku koordinator tim penulisan ESP mengatakan bahwa modul pembelajaran ini akan digunakan di seluruh sekolah SLTA LP Ma’arif NU DIY. Ada lima modul ESP yang saat ini disusun, yaitu ESP Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), ESP Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), ESP Tata Busana, ESP Tata Boga, dan ESP Perhotelan.

Guru Bahasa Inggris SMK Pembangunan Dlingo tersebut menambahkan, timnya sedang bekerja keras agar modul dapat digunakan pada tahun pelajaran 2021/2022, yaitu mulai Juli yang akan datang. (*)

Previous articleLomba Video Pembelajaran Skamada: Guru Kreatif, Siswa Produktif
Next articleSMK Ma’arif Ngawen dan Yamaha Bekerja Sama untuk Pendidikan Siswa SMK
Fauzan, M.Pd.I. adalah guru SDNU Sleman dan anggota Tim Humas LPM NU DI Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here