Home Bantul MTs Al-Falaah Uji Publik KTSP

MTs Al-Falaah Uji Publik KTSP

597
1

Bantul–Dalam rangka meningkatkan dan menyempurnakan kurikulum, MTs Al-Falaah Pandak gelar uji publik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Rabu (4/09). Hadir dalam acara ini sesepuh Pondok Pesantren Al-Imdad, Pengawas Madrasah, Komite, MWC NU, tokoh masyarakat dan seluruh komponen madrasah.

Dalam sambutan dan pengarahan, sesepuh Pondok Pesantren Al-Imdad, K.H. Dr. Habib Abdus Syakur, M.Ag, mengatakan, ada empat hal yang perlu dalam KTSP, pertama, keberadaan KTSP ini sebagai kitab sucinya madrasah. Semua komponen di madrasah harus tahu dan memahami karena sebagai rujukan dalam proses pembelajaran. Kedua, tantangan MTs Al-Falaah yang menginduk pada empat kurikulum yakni Dikbud, Kemenag, LP. Ma’arif, dan Pesantren Al-Imdad. Ketiga, kurikulum ini harus menyenangkan. Menurutnya, ketiga unsur ini sulit karena harus berupaya adil. Keempat, siswa MTs 90 persen sudah tinggal di pesantren, ada tradisi karakter, tidak ada dikotomi antara keduanya, karena semua siswa adalah santri, tujuan pembelajaran adalah pesantren, kader NU pasti sudah jelas.

KTSP harus bertujuan agar menjadi satu kesatuan yang utuh, anak harus mempunyai jiwa nasional yang kuat, keilmuan yang mantap serta ketrampilan yang kompeten dan mempunyai akhlak yang mulia. Lebih jauh diterangkan bahwa aspek karakter bangsa dan alat ukurnya memang harus benar-benar bagus, kalau perlu dibuat list, memiliki jiwa jujur, demokratis, disiplin, toleransi religius, mandiri, cinta tanah air, gemar membaca, peduli lingkungan dan cinta damai.

Sementara kepala madrasah H. Ahmad Murod, S.Ag., menyampaikan, dengan diadakan uji publik ini, masukan saran dari berbahgai pihak sangat diperlukan guna menyempunakan kurikulum ini, sebagai acuan untuk melaksanakan program KTSP yang akan dilakukan di madrasah. Madrasah Tsanawiyah Al-Falaah berbeda dengan madraah lain. Di samping sebagai madraah berbasis agama, madrasah ini berada di lingkungan pesantren yang didukung oleh alumni yang berada di lingkungan pondok dan di luar pondok.

Pada 33 tahun Usia MTs Al-Falaah yang kian matang ini, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya. Tahun ajaran baru ini, siswa yang diterma mencapai 178 siswa. 10 tahun sebelumnya, hanya berkisar 150-an siswa. Ahmads Murod berharap, MTs Al-Falaah semakin berkembang. (ening)

Previous articleUsai Pelatihan dan Praktik, Terbitlah Evaluasi
Next articleSDIT BAIK Gelar Lomba Hari Kunjung Perpustakaan
Hj. Ening Yuni S.A., M.A. adalah pengawas madrasah di Kantor Kemenag Kabupaten Bantul.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here