Home Gunungkidul Pencak Silat Pagar Nusa Resmi Diajarkan di SMK Ma’arif Ngawen

Pencak Silat Pagar Nusa Resmi Diajarkan di SMK Ma’arif Ngawen

1117
1

Gunungkidul, Maarifnudiy.or.id–Pencak silat merupakan bela diri yang diwariskan oleh nenek moyang sebagai budaya bangsa Indonesia sehingga perlu dilestarikan, dibina, dan dikembangkan. Salah satu jenis pencak silat yang berkembang di Indonesia adalah Pencak Silat Pagar Nusa yang identik dengan Nadhlatul Ulama.

Pagar Nusa didirikan 27 September 1985 M bertepatan 12 Muharrom 1406 H. Ketika itu, para kiai dan pendekar berkumpul di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, untuk membentuk suatu wadah di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang khusus mengurus pencak silat. Pada 3 Januari 1986 M, Pagar Nusa diresmikan di Ponpes Lirboyo, Kediri, oleh KH. Maksum Jauhari Lirboyo Kediri.

SMK Ma’arif Ngawen adalah salah satu sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU PWNU DIY yang ekstrakulikulernya terdapat Pencak Silat Pagar Nusa. Ekstakurikuler ini tergolong baru, pertama dilaksanakan pada Sabtu (22/01).

Pelaksanaan ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa setiap Sabtu sore. Peserta merupakan siswa-siswi SMK Ma’arif Ngawen. Pelatihnya sendiri dari Pengurus Anak Cabang Semin yang di ketuai Kang Fajar. Selain didampingi pelatih, siswa juga dibersamai pelatih lapangan dari SMK Ma’arif Ngawen, yaitu Desi Alifah Zahra (siswi kelas X) dan Isa Farhani (siswa kelas XII). Kedua siswa ini telah mengikuti program kepalatihan sampai tingkat tiga.

Pendamping ekstrakurikuler yang sekaligus merupakan satpam sekolah, Hasan, berharap ke depannya kegiatan ini dapat menjadi wadah pembentukan mental dan karakter siswa-siswi SMK Ma’arif Ngawen sekaligus untuk mencegah siswa-siswi terjerumus ke pargaulan bebas yang merugikan. (*)

Previous articleSodaqoh Jumat Barokah, SMK Ma’arif Playen Sasar Masjid Sekitar
Next articlePorsema 2022 Sleman Digelar, Targetkan Perluas Daya Saing Siswa
Staf Humas LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta

1 COMMENT

  1. Terima kasih kepada TEAM PUBLIKASI SEKOLAH LPM NU DIY, yang sudah membantu mempublikasikan kegiatan-kegiatan sekolah kami.
    Semoga bisa menjadi penyemangat bagi para siswa dalam berkegiatan yang positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here