Home Gunungkidul Revitalisasi SMK Ma’arif Playen: Sekolah Perlu Miliki Legitimasi

Revitalisasi SMK Ma’arif Playen: Sekolah Perlu Miliki Legitimasi

102
0
Dr. Tadkiroatun Musfiroh menyampaikan materi saat Sarasehan Revitalisasi SMK Ma'arif Playen (1/8).

Maarifnudiy.or.id–Di era global ini adu ideologi sedang terjadi. Hal ini juga terjadi pada tingkat nasional. NU harus menyadari hal ini. Oleh karena itu, menjadi niscaya kalau Ma’arif menjadikan ideologi Aswaja sebagai warna unggulan sekolah.

Demikian disampaikan Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum. pada Sarasehan Revitalisasi SMK Ma’arif Playen, Sabtu (1/8).

Sekretaris LP Ma’arif NU PWNU DIY ini meminta sekolah menggalakkan hafalan Al Qur’an dan aktivitas khas ke-NU-an sebagai kearifan lokal unggulan agar kader-kader NU tetap NU. Ini legitimasi ideologi yang harus ada di SMK Maarif Playen.

Hal kedua yang harus dipenuhi sekolah adalah legitimasi sosial, yaitu kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Jika dikelola dengan baik, masyarakat akan percaya terhadap apa yang diajarkan di SMK dan percaya pada perilaku yang ada di dalamnya. Untuk itu, perlu ada silaturahmi agar masyarakat yakin bahwa sekolah dan masyarakat adalah satu kesatuan.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah legitimasi manajemen. Sekolah harus dikelola dengan baik, profesional, jujur, dan transparan. Jangan sampai ada titip-menitip uang, semua satu pintu dan legal.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah legitimasi sarpras, SDM, dan kurikulum. Dosen Universitas Negeri Yogyakarta itu menegaskan, bahwa persoalan sarpras, SDM, dan kurikulum ini bisa dilakukan sambil berjalan dengan fokus dan koordinasi yang kuat. Sumber daya manusia dibenahi bersama melalui giat internal dan MGMP. Sementara itu, PW dan PC LPM akan membantu membenahi kurikulum.

Sarasehan kerja sama PW LPM dengan PC Ma’arif NU PCNU Gunungkidul ini dilangsungakan di SMK Ma’arif Playen. Hadir pada pertemuan tersebut Pengurus PW-PC LPM, tokoh masyarakat, Kepala SMK, SMA, dan SMK Ma’arif se-Gunungkidul, serta GTK SMK Ma’arif Playen.

Pada sambutannya, Ketua PCLP Ma’arif NU Gunungkidul, H. Taufik Ahmad Soleh, S.Ag, M.A., mengungkapkan bahwa PCNU tetap komitmen mendukung semua langkah revitalisasi sekolah dan madrasah. Cabang dan wilayah satu kata dalam revitalisasi yang terus berjalan.

Sementara itu, K.H. Sya’ban Nuroni sebagai tokoh masyarakat sekaligus Komite SMK Ma’arif Playen akan mendukung sekolah sepenuhnya.

“Sebagai komite kami akan mendukung sepenuhnya. Kalau perlu, kembali pasang badan seperti tahun-tahun lalu agar SMK ini kembali berkembang. Kami adalah komite yang sangat senang jika diajak bicara dan dilibatkan ketika SMK ini mengalami masalah dan membutuhkan “urun rembuk” bersama. Kami berharap dengan “kemandirian lokasi” SMK ini, SMK Ma’arif Playen segera dapat dikembangkan,” ungkap Kyai Sya’ban.

Sejalan dengan itu, Ketua Tanfidziah MWC Playen, K.H. Labib Junedi, menegaskan akan mendukung SMK Ma’arif Playen agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. MWCNU Playen akan membersamai PW LPM dan PCLP Gunungkidul dalam merevitalisasi sekolah.

“Kita di sini untuk menegakkan kembali SMK ini agar benar-benar ada pembelajaran, anak-anak dapat belajar dengan baik tanpa gangguan, dan semua kegiatan sekolah berjalan dengan baik. Kami MWCNU Playen satu tekad dengan pengurus PWLP Ma’arif NU DIY dan PCLP Ma’arif NU GK untuk membersamai revitalisasi ini. Tidak boleh ada lagi penghalang bagi SMK untuk berkembang,” tegas Labib.

Pada kesempatan itu, Pengurus PW LPM NU DIY juga menyerahkan satu ekor sapi sebagai hewan qurban. Penyerahan hewan qurban dilakukan oleh H. Taufik Ahmad Soleh, S.Ag, M.A., kepada Kepala SMK Ma’arif Playen, Ninik Suratminingsih. Daging qurban dibagikan ke masyarakat dan warga sekolah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here