Home Bantul Kakanwil Kemenag DIY Hadiri Pembinaan MTs. Hasyim Asy’ari

Kakanwil Kemenag DIY Hadiri Pembinaan MTs. Hasyim Asy’ari

29
0

BANTUL, Maarifnudiy.or.id–Kakanwil Kemenag DIY, Drs. Edy Gunawan, M.Pd.I., menjadi pembicara inti dalam acara Pembinaan Guru dan Karyawan MTs. Hasyim Asy’ari Piyungan, (30/11). Acara tersebut berlangsung di kompleks Pondok Pesantren Lintang Songo milik K.H. Drs. Heri Kiswanto, M.Si. yang berlokasi di Pagergunung, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Acara pembinaan tersebut dihadiri oleh Ketua LP Ma’arif Kecamatan Piyungan, Ketua MWC Kecamatan Piyungan, Lurah Desa Srimartani, dan beberapa tamu undangan lainnya. 

Kakanwil Kemenag DIY, Drs. Edy Gunawan, M.Pd.I., yang juga sebagai Ketua LP Ma’arif Kabupaten Bantul, menyampaikan bahwa setiap enam bulan sekali diadakan evaluasi, ketika ada kendala cari solusi, dan mengantisipasi hal-hal/kendala. Selain itu, kita harus kompak dan komitmen mengembangkan lembaga di Piyungan. Beliau juga menyampaikan tentang keprihatinan kita dalam era milenial ini. Pertama, bergesernya etika berbangsa dan bernegara (tidak percaya pemerintah yang sah). Kedua, memudarnya kesadaran akan nilai budaya bangsa. Ketiga, ancaman disintegrasi bangsa. Empat, melemahnya kemandirian bangsa. 

Dalam pembinaan kali ini Ka. Kanwil Kemenag DIY juga menyampaikan tentang moderasi beragama, berbangsa, dan bernegara, NKRI harga mati. Moderasi beragama harus selalu didengungkan di mana pun berada. Moderasi beragama mempunyai tiga pilar: komitmen yang kuat untuk berbangsa dan bernegara, toleransi, dan semangat antiradikalisme. Bahkan disampaikan pula tentang empat pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Dalam sambutannya, Bapak H. Anwar Zuhri, S.Ag., Ketua MWC Kecamatan Piyungan, mengajak untuk bersama-sama berjuang lewat NU lewat pendidikan, lewat MTs. Hasyim Asy’ari Piyungan dengan niat beramal, berbuat, dan mencari rezeki Allah Swt. Beliau juga mengucapkan selamat kepada MTs. Hasyim Asy’ari Piyungan yang sering mendapat bantuan dari Kementrian Agama. Semoga bisa dipertahankan. 

Ketua LP Ma’arif Piyungan, K.H. Drs. Motohar,. M.H., M. Hum. memberikan motivasi bagaimana agar MTs. Hasyim Asy’ari Piyungan lebih maju dan bermanfaat. Di wilayah Piyungan sudah terdapat PAUD, MI, SMP, MTs., SMK dan ke depannya PT. Tim pengembang pendidikan Ma’arif Piyungan selalu memonitor, mengawal dan mensuport lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif di wilayah tersebut. 

Dalam pembinaan yang dihadiri Bapak Ibu guru beserta karyawan MTs. Hasyim Asy’ari Piyungan ini hadir pula Bapak Lurah Srimartani Piyungan, H. Mulyana. Beliau menyampaikan pentingnya memotivasi, mendidik, serta bersemangat mengabdi di masyarakat membesarkan NU. 

“Alhamdulillah, MTs. Hasyim Asy’ari Piyungan dipercaya mendapatkan berbagai bantuan baik dari kemenaker maupun kemenag pusat” ujar Bapak Tugiman, S.E., M.M. dalam sambutannya. (Isti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here