Home Sekolah Perpustakaan SMK Ma’arif 1 Temon Siap Diakreditasi

Perpustakaan SMK Ma’arif 1 Temon Siap Diakreditasi

315
0
Kepala SMK Ma'arif 1 Temon, Rohwanto, sedang memeriksa persiapan akreditasi perpustakaan.

Kulon Progo – SMK Ma’arif 1 Temon sedang kebut administrasi perpustakaan dalam rangka persiapan akreditasi, Jumat (27/9/2019).

“Tinggal yang di dalam kardus itu. Prosesnya njlimet. Buku diklasifikasi termasuk rumpun materi yang mana, diberi nomor induk, kemudian diinput ke komputer. Jadi, pustakawan memberikan informasi buku yang siap dipinjam siswa melalui katalog. Nah, kalau mau pinjam bisa cari di katalog komputer maupun manual. Pengunjung juga harus mengisi daftar kunjungan dengan komputer,” jelas Tri Widayati, S.Pd., kepala perpustakaan SMK Ma’arif 1 Temon.

Proses identifikasi dan klasifikasi buku di perpustakaan Nurul Ilmi SMK Ma’arif 1 Temon

Beberapa item sarana maupun prasarana harus dipersiapkan dalam rangka kehadiran tim penilai akteditasi pada awal bulan November 2019 ini. Sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan di antaranya koleksi bahan bacaan, layanan, fasilitas, sumber daya manusia, komponen penguat seperti inovasi dan ketersediaan internet.

“Ini sudah diinput 1900 judul, jumlah eksemplarnya ada 3000 lebih. Koleksi e-book hingga saat ini ada 313 buku,” ungkap Tri.

 “Nanti akan ada Duta Perpustakaan, kemudian mereka keliling ke setiap kelas membawa beberapa koleksi buku dan pelayanan peminjaman bisa dilayani dengan perpustakaan keliling itu. Itulah yang akan menjadi sisi unik dari perpustakaan Nurul Ilmi ini,” lanjut Tri.

Harapan Tri, dengan adanya perpustakaan Nurul Ilmi ini, peserta didik menjadi lebih nyaman untuk menuntut ilmu, lebih lanjut beliau menambahkan semoga di tahun ajaran baru peserta didik bertambah.

“Harapannya siswa kan nyaman, nah karena mereka nyaman, mereka bisa promosi bahwa SMK Ma’arif 1 Temon itu bagus,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here