Home Sekolah Robotika, Mengenal Perkembangan Informasi dan Mengajak Siswa Berpikir Kreatif

Robotika, Mengenal Perkembangan Informasi dan Mengajak Siswa Berpikir Kreatif

421
0
Siswa SDNU Sleman sedang mengikuti esktrakurikuler Robotika.

Sleman–Di Era globalisasi saat ini kita dituntut memiliki wawasan luas, kemampuan berpikir, dan berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan informasi (IT) dan perkembangan teknologi yang cepat. Tidak heran jika banyak sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, SMA tidak hanya memfokuskan pada pengembangan pengetahuan ilmiah dan teoritis, tetapi juga memperhatikan proses berpikir dan dan tingkah laku siswa-siswi mereka.

Kegiatan Ekskul (ekstrakurikuler) adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam belajar kurikulum utama. Siswa memilih sendiri sesuai bakat dan minat. Termasuk SDNU Sleman Yogyakarta, dari sekian banyak ekstrakurikuler yang ada salah satunya yaitu ekstrakulikuler Robotika, ekstrakulikuler yang terbilang baru di sekolahan ini cukup banyak peminat karena di awal pertemuan sudah melebihi kuota yang ditargetkan sekolahan yaitu diikuti 32 siswa dan siswi.

Seperti ekstrakulikuler yang lain, pembelajaran Robotika dilaksanakan setiap Sabtu dalam sepekan dari jam 08.00-09.30 di SDNU Sleman Yogyakarta dengan menggandeng LKP IO Robotic Yogyakarta.

“Kami mengajarkan dan mengenalkan konsep robotik dasar, lebih membuka wawasan anak-anak bahwa robot itu bukan hanya seperti yang di film-film. Tapi lebih ke suatu perangkat atau sistem yang berfungsi membantu kehidupan manusia sehari hari. Kami mengajarkan anak-anak keterampilan dasar menggunakan alat-alat/tools elektrikal dalam kegiatan menyolder komponen elektronik, membuat PCB dari nol, merakit mekanik robot yang dipadukan dengan perangkat elektronik yang sudah dibuat siswa di kegiatan ekstrakulikuler,” ungkap Herdian salah satu pengajar Robotika.

“Harapan untuk ekstrakulikuler Robotika ini adalah anak-anak mendapatkan wawasan baru dan luas tentang robotik. Selain itu kami ingin anak-anak berprestasi di lomba lomba robotik. Agar dapat mengharumkan nama SDNU Sleman Yogyakarta di nasional maupun internasional,” sambungnya.

Dengan adanya terobosan baru ini, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan putra dan putrinya di SDNU Sleman Yogyakarta. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here