Home Bantul Siska Yuniati: Soal Sulit Belum Tentu HOTs

Siska Yuniati: Soal Sulit Belum Tentu HOTs

492
0

Bantul, Maarifnudiy.or.id–Soal sulit belum tentu HOTs. Demikian disampaikan Siska Yuniati dalam workshop yang diselenggarakan oleh SMP Ma’arif Imogiri, Senin (20/12). Menurut Siska, soal HOTs semestinya mengajak anak untuk berpikir sesuai dengan level soal, apakah itu L1 (menemukan), L2 (memahami), atau L3 (menganalis atau menalar).

Lebih lanjut, Ketua Umum Pergumapi sekaligus guru MTs Negeri 3 Bantul itu mengingatkan, jangan sampai membuat pertanyaan yang keluar dari stimulus. Dengan kata lain, siswa harus terlebih dahulu membaca agar dapat menjawab soal yang disajikan.

Setelah menerima materi, peserta workshop yang merupakan guru-guru SMP Ma’arif Imogiri itu berlatih menulis soal HOTs. Soal-soal yang dibuat kemudian dipresentasikan untuk mendapat masukan dari peserta lain serta narasumber.

Selaku kepala sekolah, Sabjan Badio menyampaikan, bahwa soal–dan tentu saja pembelajaran–HOTs ini semestinya sudah menjadi keseharian. Dengan pembelajaran seperti ini, anak-anak tidak lagi sekadar menghafal, malainkan mulai berpikir kritis dan kontekstual menghadapi persoalan keseharian mereka. Apalagi, menurut Sabjan, sekarang soal-soal yang disusun oleh pemerintah, mulai AKM hingga ASPD, mengarah ke HOTs. (*)

Previous articleSMK Ma’arif 2 Piyungan Tanamkan Karakter Peserta Didik melalui Pembiasaan
Next articleSinergi LP Ma’arif NU PWNU DIY dengan PWNU Care-Laziznu DIY Bantu Korban Erupsi Semeru dan SLB Ma’arif Bantul
Administrator website LP Ma'arif NU DI Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here