Home Daerah Siswa MA Ma’arif Nurul Haromain Hafal Qur’an 30 Juz

Siswa MA Ma’arif Nurul Haromain Hafal Qur’an 30 Juz

573
0

Maarifnudiy.or.id–Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Nurul Haromain (MANuHa) Sentolo, Muhammad Patu Diva Abror (16) bin Junaidi, berhasil menghafal Al-Qur’an 30 juz. Hafalan tersebut diselesaikannya selama 14 bulan lebih 15 hari. Kepala MA Ma’arif Nurul Haromain Mushonif, S.S. menyampaikan hal itu setelah mengadakan acara khataman di madrasah tersebut, Jum’at (15/1/2021) siang.

“Alhamdulillah Diva berhasil menyelesaikan hafalan Qur’annya. Hafalan ini berhasil diselesaikannya selama 14 bulan 15 hari,” ucap Mushonif.

“Cita-cita utama Madrasah Aliyah Ma’arif Nurul Haromain adalah menfasilitasi calon hafiz dan hafizah Al-Qur’an. Masa pandemi dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar jarak jauh menambah semangat para siswa untuk lebih cepat menyelesaikan target menghafal Al-Qur’an,” imbuhnya.

Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Haromain Sentolo, K.H. Muhammad Sirodjan Muniro Abdur Rahman, sangat mendukung dan merestui usaha semua lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Bahkan, Sirodjan bercita-cita tinggi akan adanya lembaga pendidikan bertaraf internasional serta perguruan tinggi.

Keberhasilan ini disambut gembira oleh Sekretaris LP Ma’arif NU PWNU DIY, Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum. Dirinya berpesan agar sekolah lain dapat menyusul sesuai tahap hafalan yang ditargetkan. Selain itu, siswa yang hafal Qur’an dipersiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan diberi kegiatan khusus semakin rutin, misalnya semakan wulanan.

Terkait hal ini, Pembina LP Ma’arif NU PWNU DIY, H. Fahmy Akbar Idries, M.M., meminta untuk menjadikan hafalan Qur’an sebagai icon di Ma’arif. Menurutnya, hafalan ini bagus untuk unggulan yang layak jual.

Ketua Komite Madrasah Aliyah Ma’arif Nurul Haromain Sentolo, Supriyono Ahmad Syauqi, S.TP., mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pengasuh, madrasah, semua orang tua/wali siswa yang mendukung sepenuhnya usaha serta kebijakan yang diterapkan di madrasah.

“Saya bangga dan bahagia karena anak saya bisa khatam hafalan dengan cepat,” ujarnya.

Ustadz pembimbing tahfiz siswa MANuHa, Zainal Abidin, Lc., menjelaskan bahwa Muhammad Patu Diva Abror siswa kelas XI menghafalkan Al-Qur’an bersama 34 siswa lainnya dan sekarang ada sepuluh siswa yang juga hampir selesai.

Muhammad Patu Diva Abror yang lahir di Palembang 17 tahun silam adalah putra dari Linda Valentina dan Junaidi, beralamat Kecamatan Ilir Timur 2 Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ia mengaku bisa cepat dalam menyelesaikan hafalan Qur’annya dengan modal tekun dan rajin.

“Saya bisa, dan yakinlah untuk siswa madrasah semua bisa menghafal Al-Qur’an dengan syarat tekun dan rajin,” tegas Diva. (*)

Previous articleLP Ma’arif NU PWNU DIY Gelar Workshop Reaktor CEO bagi Guru STLA dan SLB
Next articleLomba Video Pembelajaran Skamada: Guru Kreatif, Siswa Produktif
Akun administrator website, dioperasikan oleh Bidang Humas LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here