Home Prestasi Siswi SMK Ma’arif 2 Sleman Raih Perunggu World Invention Competition & Exhibition

Siswi SMK Ma’arif 2 Sleman Raih Perunggu World Invention Competition & Exhibition

510
0

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–Tiga siswi SMK Ma’arif 2 Sleman raih medali perunggu dalam Word Invention Competition and Exhibition di Malaysia, Kamis (30/9). Cindy Qierra Salsabila, Dwi Purwanti, dan Raisha Dwi Nuraini meraih medali atas risetnya yang berjudul “Black Rice Cookies as A Healthy Snack for Toddler”.

Kompetisi daring tersebut diikuti oleh peserta dari 27 negara dengan juri dari Malaysia, Indonesia, dan India. Selain SMK Ma’arif 2 Sleman, medali perunggu lain diraih oleh satu madrasah aliyah (Indonesia), dua SMA (Indonesia), dan satu sekolah dari Amerika Serikat. Pengumuman para peraih medali disampaikan secara online melalui Zoom.

Dra. Atik Sunaryati selaku Kepala SMK Ma’arif 2 Sleman, menyambut gembira prestasi tersebut. Menurutnya, hal ini menunjukkan Lembaga Pendidikan Ma’arif dapat bersaing pada level internasional. Atik menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung ketiga siswinya dalam meraih prestasi internasional ini.

Sementara itu, Lilik Dyah Astuti, S.Pd. sebagai guru pembimbing, menyampaikan bahwa prestasi tersebut diraih melalui proses panjang. Para siswi melakukan riset berbulan-bulan, melakukan eksperimen berkali-kali, belajar kandungan gizi, hingga belajar presentasi dalam bahasa Inggris.

“Alhamdulillah anak-anak sudah berusaha dengan maksimal, melakukan riset selama beberapa bulan, melakukan eksperimen berkali-kali sampai berhasil menentukan resep yang sesuai. Belajar menghitung kandungan gizi, belajar presentasi dengan Bahasa Inggris, berpikir kritis melakukan riset, serta mencari jurnal yang sesuai dengan bahasan, ungkap Lilik.

Lebih lanjut, Lilik menyampaikan bahwa sekolah memberikan fasilitas kepada siswa, seperti peminjaman laptop, Laboratorium Teaching Factory, dan dukungan dari guru Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, serta Tata Boga. Selain dari sekolah, dukungan dari orang tua juga tidak kalah besarnya.

Lilik berharap, dengan kemenangan ini, anak didiknya semakin percaya diri untuk melakukan riset yang bermanfaat bagi sekolah, masyarakat, khususnya bidang keilmuan terkait. Hal yang tidak kalah pentingnya, melalui proses ini pengetahuan para siswi peserta semakin terbuka sehingga berpotensi menelurkan riset-riset berikutnya yang lebih dalam. (*)

Previous articleAgar Lebih Baik Lagi, LP Ma’arif NU PWNU DIY Perlu Berkoordinasi dengan Berbagai Pihak
Next articleSiswa SMA Ma’arif Wates Juara 1 Turnamen Aerobik PC IPNU-IPPNU Kulon Progo
Staf Humas LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here