Home Sekolah SMK Diponegoro Depok Buka Program Keahlian Baru Desain Komunikasi Visual (DKV)

SMK Diponegoro Depok Buka Program Keahlian Baru Desain Komunikasi Visual (DKV)

557
0

Sleman, Maarifnudiy.or.id–SMK Diponegoro Depok membuka kompetensi keahlian Desain komunikasi Visual. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan verifikasi lapangan atas permohonan pembukaan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Diponegoro Depok pada hari, Rabu (16/3).

Presentasi pemaparan pembukaan keahlian baru telah dilakukan pada hari Jum’at (11/3) di Disdikpora DIY. Verifikasi Lapangan merupakan tindak lanjut dari pengajuan proposal dan presentasi proposal. Tim verifikasi dari SMK Diponegoro Depok terdiri dari H. Nurliadin, M.Pd. didampingi Dita Dwigus Wijayanti, M.Pd., Rahmanto, S.Pd., Ahlis Sofyan Nuswantoro, S.Pd., dan Erna Widyastuti.

Tim verifikasi lapangan Disdikpora DIY terdiri dari Rudi Prakoso, S.Pd, M.Eng., Maryono, S.Pd, M.Pd., Dra. Sri Rayahu, M.Pd., Drs Purwanto, M.Pd.Si. dan Winarti, S.H. Hadir pula dalam verifikasi lapangan Disdikpora DIY, pengurus Yayasan Pondok Pesantren KH Saliman S.Ag. dan Komite Sekolah Drs. H. Jambari.

Tim verifikasi memeriksa kesiapan SMK Diponegoro Depok dalam membuka kompetensi keahlian DKV. Persyaratan yang tertuang dalam instrumen verifikasi pembukaan kompetensi keahlian baru, telah disiapkan dengan matang oleh tim yang diketuai oleh H. Nurliadin,M.Pd. Terdapat tujuh komponen yang diverifikasi, yakni proposal/RIPS, pendanaan, sarana dan prasarana, tenaga pendidik, kurikulum, dan prediksi peserta didik.

Pencermatan data, dokumen, dan ketersediaan sarana prasana dilakukan satu persatu oleh verifikator untuk melihat kesiapan manajemen maupun sarana pendukung lainnya, seperti ruang fotografi dan videografi, ruang pengembangan desain, ruang praktik kerja, dan ruang kelas. Diharapkan dengan pencermatan tersebut akan menjadikan kesiapan yang matang bagi SMK Diponegoro Depok untuk membuka kompetensi keahlian baru.

Hasil permohonan pembukaan kompetensi baru diharapkan bisa turun sekitar bulan April 2022. Di samping itu, SMK Diponegoro Depok terus melakukan sosialisasi ke masyarakat, membangun soliditas tim agar nantinya kompetensi keahlian DKV bisa menambah animo masyarakat untuk mendaftarkan ke SMK Diponegoro Depok. Membangun jaringan dilakukan dengan menggandeng industri, dunia usaha dan dunia kerja, serta lembaga pendidikan di bidang DKV, seperti FBS UNY, Universitas AMIKOM, dan BBPPMPV Seni dan Budaya.

Suwarno, S.T. selaku Kepala Sekolah menyampaikan, “Alhamdulillah dalam pembukaan kehalian baru ini, semoga nantinya banyak peminat karena program keahliah DKV ini juga masih jarang ditemui sekolah di bawah naungan LP Ma’arif.”

“Sekolah Diponegoro Depok meminta bimbingan dan arahan dari BBPPMPV Seni Budaya dalam rencana pembukaan kompetensi keahlian baru Desain Komunikasi Visual. Diharapkan dengan Kerjasama ini, DKV SMK Diponegoro Depok berkembang dengan lebih terarah dan bermutu, sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing”, lanjut Suwarno. (*)

Previous articleEnglish Talk, MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif NU DIY Hadirkan 5 Native dari Amerika
Next articleSiswa SMK Ma’arif Nurul Haromain Raih Perak Kejurnas Pagar Nusa
Fauzan, M.Pd.I. adalah guru SDNU Sleman dan anggota Tim Humas LPM NU DI Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here