Home Wilayah Tingkatkan Kompetensi Guru SMK, LP Ma’arif NU Yogyakarta dan Lakpesdam NU Yogyakarta...

Tingkatkan Kompetensi Guru SMK, LP Ma’arif NU Yogyakarta dan Lakpesdam NU Yogyakarta Jalin Sinergi

142
0

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–Menyadari pentingnya peningkatan kualitas guru dan siswa SMK di seluruh wilayah Yogyakarta, LP Maarif NU Yogyakarya dan Lakpesdam NU Yogyakarya menjalin sinergi dalam merancang program peningkatan kompetensi guru dan siswa.

Pertemuan ini terselenggara Selasa (10/08) sore di kantor sekretariat LP Maarif NU Yogyakarta. Pembahasan seputar program diklat kompetensi guru dan peningkatan prestasi siswa SMK menjadi topik utama dalam pertemuan tersebut.

Program ini menyasar seluruh elemen penting pendidikan di lingkungan SMK, baik guru maupun siswa. Menurut Ketua LP Maarif NU Yogyakarta, Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum., terselenggaranya program peningkatan kompetensi ini diproyeksikan menjadi pendongkrak skil dan kompetensi guru dan siswa dalam menghadapi kemajuan industri saat ini. Para guru dan siswa tidak hanya dituntut memahami mata pelajaran secara teori saja, selebihnya mereka juga perlu paham dan berpengalaman sebagai praktisi.

Senada dengan hal tersebut, Hazwan Iskandar Jaya, anggota Lakpesdam NU DIY, mengatakan bahwa peningkatan kopetensi ini sengaja menyasar para guru terlebih dahulu. Kunci utama peningkatan kompetensi siswa harus dimulai dari guru, karena SMK membutuhkan tenaga pendidik yang kompeten di bidangnya masing-masing. Namun, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua guru memiliki keahlian atau pengalaman memadai tentang materi yang mereka ajarkan dalam dunia praktis.

Atas permasalahan tersebut, LP Maarif Yogyakarta dan Lakpesdam NU Yogyakarta berupaya mengadakan sebuah program guru magang di tempat-tempat industri yang berkaitan dengan bidang masing-masing.

Program ini tidak hanya berfokus pada guru saja, tetapi juga siswa SMK. Para siswa akan dilibatkan sebagai sasarannya. Diharapkan, lulusan SMK bisa menjawab kebutuhan industri yang berkembang sangat pesat saat ini.

Meski begitu, penerapan program ini tentunya tidak bisa langsung diaplikasikan kepada seluruh SMK di wilayah Yogyakarta. Tadkiroatun mengatakan bahwa program ini hanya akan dijalankan pada sekolah-sekolah yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan mampu menjalankannya dengan baik. (*)

Previous articleGuru MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Terbaik 1 Cipta Puisi Tingkat Nasional
Next articleBimbingan Remaja Usia Sekolah di MA Raden Fatah Prambanan: Remaja Harus Kenali Potensi Diri
Staf bagian humas LP Ma'arif NU PWNU DI Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here