Home Wilayah Tingkatkan Pengajaran Bahasa Inggris, MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif NU DIY Gandeng...

Tingkatkan Pengajaran Bahasa Inggris, MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif NU DIY Gandeng Native Native Speaker dari USA

409
0

Yogyakarta, Maarifnudiy.or.id–MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif NU DIY gelar rangkaian kegiatan sambut kedatangan Todd Sibley ke Indonesia. Todd Sibley yang berasal dari Utah, Amerika Serikat adalah salah satu native speaker yang mendampingi guru-guru Bahasa Inggris LP Ma’arif dalam acara English Talk melalui Zoom yang diadakan secara rutin setiap pekan bersama beberapa native speaker yang lain.

Todd Sibley yang juga merupakan salah satu Pembina MGMP Bahasa Inggris LP Ma’arif sengaja datang ke Indonesia tidak hanya untuk memberikan ilmu tentang bagaimana mengajar bahasa Inggris dengan cara yang menarik, namun juga untuk memberikan pengalaman bagi guru di lingkungan LP Ma’arif agar merasakan atmosfir berbicara dalam bahasa Inggris langsung dengan penutur asli.

Salah satu kegiatan yang bertajuk Pengajaran Bahasa Inggris melalui Games Interaktif dikemas dalam acara English Camp yang berlangsung selama dua hari di Borobudur Highland pada tanggal 24-25 September 2022. Acara tersebut dihadiri Pembina MGMP Bahasa Inggris Subandriyo, S.H, BBA, M.Pd. dan pengurus LP Ma’arif divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yayan Rubiyanto, S.Hum, M.Pd.

Dalam acara English Camp yang dihadiri 26 guru tersebut, para guru berkesempatan mendapatkan ide-ide pengajaran bahasa Inggris dengan cara yang menarik, baik melalui sharing ide games atau ice breaking dari para peserta maupun melalui workshop yang disampaikan Todd Sibley. Selain itu, para guru juga menuliskan moto hidup mereka dalam bentuk photo prop, lalu satu persatu menyampaikan alasan pemilihan moto tersebut secara bergantian dan mendapat respon dari peserta lain.

Konsep acara English Camp adalah workshop menggunakan games dalam pembelajaran bahasa Inggris yang disampaikan oleh native speaker dari USA yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru bahasa Inggris dalam mengajar, kata ketua MGMP Bahasa Inggris Didik Wiyono, S.Pd.

Pembina MGMP bahasa Inggris LP Ma’arif Subandriyo, S.H, BBA, M.Pd., yang biasa di sapa pak Jo, Pak Josh, atau Pak SB menyampaikan harapannya agar guru bisa menciptakan kelas yang menarik setelah mengikuti acara ini karena bahasa Inggris sering menjadi momok. Penguasaan bahasa Inggris sangat penting dalam pergaulan internasional karena dunia ini sudah menjadi komunitas yang global sehingga akan terbuka bagi lulusan Ma’arif untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan multinasional atau bahkan kesempatan untuk bekerja di luar negeri.

Yayan Rubiyanto yang hadir mewakili LP Ma’arif NU DIY mengungkapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dua pembina MGMP bahasa Inggris, Subandriyo dan Todd Sibley, atas segala usaha untuk meningkatkan kemampuan guru bahasa Inggris, baik keterampilan menyampaikan pembelajaran yang menarik maupun penguasaan bahasa Inggris guru secara individu. Yayan juga memberikan apresiasi kepada MGMP bahasa Inggris yang telah sangat aktif mengadakan kegiatan untuk peningkatan kualitas guru dan siswa.

Todd Sibley menyampaikan hal yang tak kalah pentingnya bahwa hal terpenting dalam belajar bahasa Inggris adalah perlu berbicara dengan native speaker dengan melihat gerakan mulut mereka secara langsung. Todd juga menambahkan bahwa semakin menarik pembelajaran bahasa Inggris, semakin bersemangat siswa mengikuti pelajaran, sehingga akan semakin cepat siswa menangkap ilmu yang disampaikan.

Selain menjadi pemateri workshop pada acara English Camp, rangkaian kegiatan Todd Sibley di DIY adalah mengajar bahasa Inggris di SMK Pembangunan Dlingo, Bantul, dan menghadiri Bakti Sosial LP Ma’arif bekerja sama dengan Charity Vision di SMK Ma’arif 1 Nanggulan, Kulonprogo. (*)

Previous articleMI Sananul Ula Daraman Launching PTSP dan BUMM
Ambar Setyawati, S.Pd.Ing. adalah Guru Bahasa Inggris SMK Ma'arif 1 Nanggulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here