Home Nasional Diklat LPPKS Berakhir, LP Ma’arif Beri Penghargaan Kepada Peserta Terbaik

Diklat LPPKS Berakhir, LP Ma’arif Beri Penghargaan Kepada Peserta Terbaik

124
0

Surakarta – maarifnudiy.or.id – LP Ma’arif NU memberikan penghargaan kepada 6 peserta diklat penguatan kepala sekolah terpilih atas kinerja yang ditunjukannya selama diklat berlangsung pada saat penutupan, Senin, 09 Desember 2019 di Hotel Pose In Surakarta.

Terdapat tiga kategori yang diapresiasi dalam diklat tersebut, yaitu;

  1. Performa akademi terbaik yang diberikan kepada Agus Jamaludin dan Arif Setyo Prabowo atas inovasi dan gagasan – gagasan yang diberikan pada saat diklat.
  2. Kerjasama dan kolaborasi terbaik yang diberikan kepada Ngadino dan Syaiful. Selama diklat berlangsung mereka mampu bekerjasama dengan peserta lain dalam memecahkan masalah pada saat diklat. Selain itu, kedua peserta tersebut juga sering membantu peserta lain yang mengalami kesulitan baik teknis maupun masalah masalah strategis.
  3. Disiplin dan kemandirian terbaik yang diberikan kepada Cholik Darmawan dan Faisal Arifin. Kedua peserta tersebut adalah peserta yang yang baik dalam bidang ketepatan waktu maupun penyelesaian tugas

Hadiah disampaikan oleh Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum. selaku koordinator tim LP Maarif NU, A. Darmadi, M.Eng. selaku Wakil Sekretaris LP Ma’arif DIY, Nanang Sukarsono, S. Pd, M.Si.  dan Dr. Muamaroh M. Hum., Ph.D selaku mentor dari LPPKS. Serta dengan harapan dapat memotivasi mereka dan peserta lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Tadkiroatun juga menyampaikan pesan bahwa kepala sekolah harus bisa memimpin dan mengelola sekolah. Dirinya juga berpesan bahwa LP Ma’arif akan melakukan penguatan, penyiapan kader, serta perbaikan SDM dan terdapat beberapa kategori yang akan dijadikan standar ketercapaian ketiga program tersebut salah satunya adalah penguatan aswaja dan penguatan implementasi standar.

Nanang Sukarsono, S. Pd, M.Si. yang ditunjuk sebagai Master Trainer berpesan kepada para peserta diklat agar menyelesaikan tugas-tugas yang sudah diberikan serta menerapkan dan memaksimalkan ilmu-ilmu yang sudah didapat selama mengikuti diklat.

LP Ma’arif mengirim sejumlah 35 kepala sekolah dari berbagai daerah yang berbeda di Indonesia dan dibagi dalam dua tempat, yaitu di Hotel Syariah Solo serta di Hotel Pose In Surakarta.

H. Ismail yang mewakili SMKS Raudhatul Ilamiyah Labuhan Batu Selatan mengungkapkan bahwa setelah mendapat diklat ini dirinya mendapatkan banyak wawasan dan akan membuat perubahan di Lembaga yang dipimpinnya. Selain itu dia juga berharap bahwa agenda diklat tersebut tidak hanya berlangsung sekali.

Tanggapan lain juga oleh Guntoro yang mewakili SMK Maárif 1 Surodadi, Tegal. Dirinya menyampaikan banyak sekali ilmu-ilmu yang didapatkan selama diklat, selain di bidang manajerial beliau juga mendapatkan ilmu di bidang kepemimpinan.

Sebagai closing statement Sekretaris LP Maárif NU DIY menyampaikan bahwa Diklat Penguatan ini hanya langkah awal dan baru tahap I. Langkah awal karena harus segera ditindaklanjuti dengan implementasi dan kaderisasi para wakil kepala sekolah bersertifikasi untuk segera ikut seleksi substansi dan diklat Calon Kepala 300 jam pelajaran. Baru tahap I karena diklat ini akan segera diikuti tahap II dan seterusnya sampai semua KS LP Maarif ber-NUKS.

Diklat yang berlangsung selama satu minggu tersebut telah menggoreskan banyak sekali kenangan bagi para peserta, tangis haru pecah usai kalimat Hamdallah diucapkan, menandai selesainya diklat mereka. Pada sesi tersebut secara serentak peserta menyanyikan lagu Terima Kasih Guru diiringi saling berjabat tangan oleh para peserta kepada para mentor. Tak hanya itu, saling maaf dan swafoto juga mengiringi sesi pamit satu persatu peserta kembali berjuang di daerahnya masing masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here