Home Wilayah Diklat Tahap I: Bahasa Arab-ICT-Bahasa Inggris LPM-Irsyad Internasional Dilaksanakan di UNY

Diklat Tahap I: Bahasa Arab-ICT-Bahasa Inggris LPM-Irsyad Internasional Dilaksanakan di UNY

144
0
Suasana Pelaksanaan Diklat Irsyad Internasional – LPM kelas Bahasa Arab di UNY

Lembaga Pendidikan Ma’arif NU DIY kerjasama dengan Irsyad Trust Limited Singapore melaksanakan 5 macam diklat untuk kepala sekolah dan guru sekolah Ma’arif se-Yogyakarta. Kelima diklat tersebut yakni Bahasa Arab Metode Fitrah (kurikulum internasional), ICT (Information and Communications Technology), Bahasa Inggris dengan metode Applied Conversational English, Pedagogy and Instructional Mastery, dan Leadership atau Organizational Mastery. Semua diklat tersebut dilaksanakan masing-masing dalam 2 tahap sesuai dengan jadwal. Kegiatan diklat ini fasilitasi  oleh PJ Kelas dan admin Kelas.

Tahap pertama diklat Bahasa Arab, ICT dan Bahasa Inggris dilaksanakan secara serentak pada Jum’at, 5 April 2019 hingga Ahad, 7 April 2019  di Universitas Negeri Yogyakarta. Ketiga macam diklat tersebut diikuti oleh 101 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah. Selanjutnya, diklat tahap kedua akan dilaksanan pada tanggal 09 – 11 Mei 2019.

Diklat Bahasa Arab dilaksanakan di ruang GK I.302A. Setiap kelas diklat memiliki pokok-pokok bahasan khusus sesuai mata diklat yang diangkat. Dari kelas Bahasa Arab konsisten dengan distribusi materi 50% serta praktik 50%. Ust. Agus Dwi Handoko dan Ust. Lilik Rochmad Nurcholisho selaku mentor kelas  membekali peserta diklat dengan proses pembelajaran microteaching yang membentuk 6 kelompok. Dalam microteaching tersebut, peserta nampak antusias mengikuti  latihan  dan selalu terlihat bersemangat dengan banyaknya game dan kuis. Antusiasme peserta dinilai tinggi oleh mentor kelas dari Irsyad yang mengampu kelas tersebut. Diklat di kelas Bahasa Arab ini menempatkan  H.Nurliadin, M.Pd sebagai penanggung jawab (PJ) kelas sekaligus Ketua Tim Kelas Bahasa Arab dengan anggota Bapak Syarwanih, M.S.I., Ibu Retna Isti Pratiwi, S.S dan Bapak Slamet Subagyo, serta admin kelas yang membantu ketika terdapat masalah teknis terjadi selama kelas berlangsung Indah Dewi astuti, S.M.

Suasana Pelaksanaan Diklat Irsyad Internasional – LPM kelas ICT di UNY

Diklat kelas Information and Communications Technology (ICT) yang dilaksanakan di GK I.318B  ini sangat mengandalkan jaringan internet dalam keseharian pelatihannya. Peserta diwajibkan membawa laptop sendiri untuk praktik dan  memperdalam materi yang diberikan oleh mentor kelas dari  tim Irsyad. Materi yang diberikan oleh mentor kelas dari Irsyad, Mr. Khamsari Saini, adalah membuat kuis dengan aplikasi e-quiz. Tidak hanya dibekali teori saja, para peserta juga didampingi dalam praktik menggunakan  aplikasi e-quiz. Peserta diklat diberi tugas mengimplementasikan kembali teori yang diperoleh melalui praktik membuat kuis dengan e-quiz. Tujuannya adalah agar peserta diklat dapat menguasai materi  dengan baik. Selain membuat kuis, peserta diklat juga diajarkan membuat media pembelajaran dengan aplikasi e-quiz. Setelah mentor memaparkan materi terkait media pembelajaran dan cara pembuatannya, peserta diklat diberi tugas individu praktik membuat media pembelajaran sederhana dengan aplikasi e-quiz. Teknis penugasan dari mentor kepada peserta adalah siapa yang cepat selesai, boleh keluar ruangan lebih awal. Peserta yang sudah selesai lebih dulu dipersilakan istirahat lebih awal. Peserta yang belum selesai, tetap mengerjakan tugas di kelas hingga  dapat menyelesaikannya dengan benar dan baik. Kegiatan diklat ICT ini dibantu oleh penganggung jawab (PJ) kelas sekaligus Ketua Tim  ICT yaitu Bapak Suwarno, S.T. Anggota tim yang membantu  yaitu Bapak Kasmad Rifangi, M.Pd.I dan Bapak Andar Setyawan, M.Pd.I., serta admin kelas yang siaga membantu masalah teknis di ruangan yaitu Rita Nurngaini, S.S.

Suasana Diklat Irsyad-LPM Kelas Bahasa Inggris di UNY

Serupa dengan kelas sebelumnya, komunikasi antara peserta dan mentor berjalan dengan baik juga terjadi di kelas bahasa Inggris. Diklat yang dilaksanakan di gedung kuliah  I ruang 317 ini berjalan lancar. Peserta diklat tampak antusias serta aktif bertanya-jawab dengan mentor terkait cara pengucapan yang benar (pronounce) dari sebuah kata, membuat kalimat yang baik dan benar, serta hal lain yang berkaitan percakapan sehari-hari. Mdm. Zainab Qamari dan Mdm. Suraiya A Rahman selaku mentor kelas juga membekali peserta diklat tips dan trik saat mengajarkan bahasa Inggris di kelas. Sama halnya dengan kelas-kelas sebelumnya, Bahasa Inggris juga menempatkan PJ Kelas dan admin kelas yang bertanggung jawab selama acara berlangsung, yaitu Bapak Fauzan, M.Pd.I sebagai PJ Kelas Bahasa Inggris dan anggotanya Bapak Sulardi. Selain PJ kelas, admin yang membantu  adalah Arum Restu Widyasti, S.Pd.

Secara keseluruhan diklat berjalan dengan lancar. Diklat yang dikordinir oleh Ibu Tadkiroatun Musfiroh dari LPM dan Muhammad Tarmizi bin Abdul Wahid dari Irsyad Trust Singapore berjalan dengan kondusif berkat komunikasi dan kerja sama yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here