Home Wilayah Lepas Peserta Pergamanas II, Dr. Tadkiroatun Musfiroh: Perkemahan Membuat Siswa Mandiri dan...

Lepas Peserta Pergamanas II, Dr. Tadkiroatun Musfiroh: Perkemahan Membuat Siswa Mandiri dan Memiliki Sifat Pemimpin

178
0
Peserta Pergamanas II Kontingen DI Yogyakarta.

Maarifnudiy.or.id–Murid-murid penggalang dilepas ke Bumi Perkemahan Cibubur agar bisa menjadi pribadi yang mandiri serta memiliki sifat pemimpin. Hal itu disampaikan Dr. Tadkiroatun Musifroh saat melepas Kontingen DIY untuk mengikuti Pergamanas II di Cibubur. Pelepasan dilakukan di Kantor PWNU DI Yogyakarta.

Sekretaris LP Ma’arif NU DI Yogyakarta itu menjelaskan, setidaknya ada lima sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin. Pertama, pemimpin itu memiliki sifat wicaksono atau bijaksana. Implementasi dari sifat ini adalah ketika menghadapi berbagai macam masalah, anak akan mampu memilah dan menimbang hal yang penting, kurang penting, sekadar isu, dan tahu pula yang mana yang sekadar dugaan mana pula yang berdasarkan data. Dari sinilah anak-anak akan mulai belajar mengambil keputusan sebijaksana mungkin.

Dr. Tadkiroatun Musifroh saat melepas Kontingen Pergamanas II asal DI Yogyakarta (18/2/2019).

Kedua, pemimpin harus lantip atau cerdas. Ketika seorang pemimpin dihadapkan dengan tantangan atau masalah, harus bisa ia pecahkan. Ia akan mempunyai cara-cara tertentu untuk bisa memecahkannya.

Ketiga, menurut Tadkiroatun, pemimpin itu harus mandiri. Seorang pemimpin harus bisa menghadapi situasi apapun, memecahkan masalah dengan pikiran dan hati nurani sendiri. Pemimpin harus siap menghadapi situasi-situasi tersulit yang terkadang memang harus bisa diatasinya sendiri.

Keempat, seorang pemimpin harus jujur. Dosen Universitas Negeri Yogyakarta ini menegaskan bahwa jujur itu sangat penting, apapun keadaan yang sedang dihadapi, jujurlah.

Selanjutnya, kelima, seorang pemimpin tidak boleh mudah berpaling. Anak-anak yang menjadi peserta Pergamanas II merupakan generasi Aswaja yang tidak boleh mudah berpaling menjadi generasi lainnya.

Sebagai penutup sambutannya, Tadkiroatun berpesan agar putra-putri penggalang peserta Pergamanas II Kontingen DIY menjadi pribadi yang lebih humanis selama menjalankan tugas mewakili DI Yogyakarta. Para peserta diminta untuk saling mendukung, menyokong, membantu sesama, dan mengingatkan teman-temannya.

“Bangun ide-ide kreatif dan harus bisa menghargai yang lainnya, tidak boleh mencaci dan ngrasani,” tutupnya.

Peserta yang diberangkatkan terdiri atas 10 regu yang berasal dari kota dan 4 kabupaten di DI Yogyakarta. Tiap-tiap regu terdiri atas 5 orang putra dan 5 orang putri. Mereka didampingi oleh 5 pembina pendamping putra, 5 pendamping putri, serta 3 pimpinan kontingen daerah (Taufik Ahmad Soleh, Nurliadin, dan Nanik Suhartati). Tim akan mengikuti perkemahan selama lima hari, yaitu dari Selasa hingga Sabtu (19-23 Februari 2019). (Ind/Sab)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here